Home » Kesehatan » Beberapa Pilihan Cara Mengatasi Cegukan Beserta Alasannya

Beberapa Pilihan Cara Mengatasi Cegukan Beserta Alasannya

Cegukan adalah peristiwa yang sangat umum terjadi. Hampir setiap orang pernah mengalami hal ini. Walau ini sangat umum terjadi, bukan berarti bahwa ini bisa dibiarkan begitu saja. Anda tentu sangat tahu bahwa ini adalah hal sangat mengganggu. Anda akan merasa sangat tidak nyaman karena cegukan ini bisa terjadi secara tiba-tiba tanpa terprediksi. Hal ini sangat merepotkan ketika anda ternyata sedang bersama dengan orang lain, apalagi ketika itu adalah dalam suatu pembicaraan yang serius. Cegukan yang terjadi akan membuat anda sangat sulit berkomunikasi secara lancar. Di sisi lain, orang yang mendengarkan anda pun bisa sangat terganggu dengn cegukan. Walau ini sangat umum, sebaiknya anda juga tahu cara mengatasinya. Hal ini bisa saja pulih dengan sendirinya, tapi akan jauh lebh baik bila anda mencoba beberapa cara.

Info tentang Cara Mengatasi Cegukan

Cegukan ini memang sangat merepotkan. Untuk itu, anda bisa mencoba beberapa cara yang ada untuk menghentikan cegukan ini sesegera mungkin. Salah satu yang sangat umum dilakukan adalah menahan nafas. Cara ini terbukti sangat efektif, dan ternyata ini bukan sekedar mitos atau kepercayaan orang saja. Ternyata, ada juga landasan ilmiah kenapa menahan nafas ini mampu mengatasi cegukan. Hal ini karena dengan menahan nafas, kadar karbondioksida yang ada di dalam tubuh akan meningkat. Hal ini akan secara otomatis merangsang organ pernafasan untuk mengeluarkan zat ini dari dalam tubuh, salah satunya dengan gerakan batuk. Dari sinilah, kemudian cegukan ini bisa diatasi. Dalam hal ini, tidak ada panduan khusus tentang berapa lama anda harus menahan nafas. Anda pun bisa melakukan beberapa kali hingga cegukan reda.

Yang kedua adalah dengan bernafas di kantong plastik atau kantong kertas. Barangkali anda sering melihat hal ini di animasi atau film anak-anak di mana karakter yang ada bernafas dari kantong plastik dalam durasi tertentu. Bahkan, ada juga yang kemudian memukul plastik tersebut agar menimbulkan suara letusan. Padahal, sebenarnya yang terjadi bukanlah untuk meletuskan kantong tersebut. Alasan utamanya sama halnya dengan proses menahan nafas, yaitu untuk meningkatkan kadar karbondioksida yang ada dalam saluran pernafasan. Ketika seseorang bernafas di kantong, mereka menghidup dan menghembuskan gas yang sama ke dalam tempat tersebut. Dengan demikian, kadar karbondioksida semakin tinggi. Dari sinilah, kemudian tubuh akan bereaksi untuk mengatasi masalah ini, dan secara tidak langsung akan menghentikan cegukan.

Cara selanjutnya adalah dengan meminum air hangat. Air hangat ini sangat baik untuk melancarkan peredaran darah dan oksigen yang ada di dalam tubuh. Selain itu, ini juga sangat penting untuk melemaskan otot-otot yang ada di saluran pernafasan yang barangkali menjadi penyebab adanya cegukan tersebut. Untuk lebih efektif, anda bisa meminum air hangat dan kemudian menahan nafas sementara waktu. Ini bisa dilakukan sambil membungkukkan badan. Setelah itu, air bisa ditelan dan proses bisa dilakukan berulangkali hingga cegukan yang terjadi tersebut hilang atau mereda.

Tips Lain tentang Cara Mengatasi Cegukan

Cara di atas bisa dijadikan alternatif atau solusi untuk mengatasi cegukan. Banyak orang yang sudah berhasil dengan cara tersebut, dan ini semua lebih dari sekedar mitos atau keyakinan saja. Ada dasar atau landasan ilmiah dari melakukan hal tersebut. Selain itu, sebenarnya masih ada juga cara lain yang bisa dilakukan sekiranya cara sebelumnya tidak terlalu efektif untuk mengatasi cegukan. Yang bisa anda lakukan adalah mengatur pernafasan anda. Proses ini dilakukan agar sirkulasi udara di dalam tubuh menjadi lebih baik. Anda bisa menarik nafas sedalam mungkin, dan kemudian mencoba menghembuskannya. Walau akan terasa sulit karena adanya cegukan, anda tetap perlu melakukannya. Selain itu, anda bisa mencoba bernafas dan menahannya sambil melipat kedua lutut anda.

Yang selanjutnya bisa anda lakukan adalah melakukan headstand. Posisi ini adalah posisi yang memang tidak mudah. Anda pun sebaiknya tidak melakukan ini ketika anda bersama orang lain karena mereka akan merasa aneh dengan apa yang akan anda lakukan. Namun, gerakan ini bukanlah tanpa ada alasan. Ketika anda melakukan headstand, anda akan mampu memperbaiki peredaran darah di dalam tubuh. Peredaran oksigen pun juga akan menjadi lebih baik. Dari hal inilah, kemudian cegukan bisa mereka. Namun sekali lagi anda perlu ingat bahwa ini sebaiknya dilakukan ketika anda sendiri atau di ruangan di mana tidak banyak orang di sana. Dengan demikian, anda pun tidak perlu merasa malu.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menjulurkan lidah anda sepanjang mungkin. Cara ini juga terlihat aneh ketika anda melakukannya di depan umu, sehingga sebaiknya anda mencari lokasi dan saat yang tepat untuk melakukannya. Tujuan utama dari menjulurkan lidah ini adalah untuk merangsang pergerakan otot dan saraf di saluran pernafasan, khususnya saraf vagus dan nasofaring. Dua saraf ini berperan penting dalam kinerja otot mulut serta tenggorokan. Kontraksi pada diafragma pun juga diatur oleh syaraf ini. Karena cegukan memang berhubungan dengan gangguan kinerja otot di saluran pernafasan, cara ini bisa dilakukan.

Ini semua menjadi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi cegukan. Selain itu, anda juga bisa mencari cara alternatif lain di https://seruni.id/. Ada banyak pilihan yang bisa dilakukan. Semuanya pun bisa dilakukan satu per satu, dan pastinya semuanya ini sangat aman dilakukan. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa cegukan bisa saja berhenti secara alami. Namun, anda juga perlu memperhatikan sekiranya cegukan tersebut terjadi dalam durasi yang panjang, bahkan lebih dari satu hari. Ini bisa jadi menjadi gejala masalah kesehatan tertentu, dan ada baiknya bila anda memeriksakan hal ini.