Home » Uncategorized » Cara Menetaskan Telur Ayam Dengan Kardus Paling Sederhana

Cara Menetaskan Telur Ayam Dengan Kardus Paling Sederhana

Proses menetaskan telur ayam tidak harus dierami oleh induknya. Proses penetasan ini juga bisa dibantu dengan adanya mesin. Mesin penetas telur asa banyak, mulai dari yang sederhana hingga yang otomatis. Biasanya orang juga tertarik untuk membuat mesin penetas sendiri yang lebih sederhana. Bagi anda para peternak telur ayam, anda bisa mencoba membuat mesin penetas telur sendiri. Manfaatkanlah kardus bekas untuk membuat mesin tersebut.

Cara menetaskan telur di dalam kardus ini hampir sama dengan menetaskan menggunakan mesin lainnya. Namun prinsip yang digunakan terbilang sangat sederhana atau masih manual. Sebelum melakukan proses penetasan telur ini yang anda harus lakukan adalah memilih telur yang akan ditetaskan. Tidak semua jenis telur mampu ditetaskan. Anda harus tahu syarat telur ayam yang bisa ditetaskan.

Setelah menentukan telur – telur yang akan ditetaskan maka anda bisa mulai menyiapkan kardus bekas yang anda gunakan. Pilih ukuran kardus setidaknya 30 x 30 x 30 cm, siapkan lampu 5 watt, serbuk kayu, tempat air, dan beberapa alat yang anda butuhkan selama pembuatan kardus penetas telur ayam. Cara membuat kardus penetas ayam sangat mudah, anda hanya perlu membuat ventilasi di bagian paling atas yang tidak perlu besar. Masukan serbuk kayu ke dalam kardus agar telur bisa lebih hangat.

Cara menetaskan telur ayam di dalam kardus ini bisa dilakukan dengan sangat mudah. Setelah menata tempat dengan baik maka anda bisa segera mamasukan telur ayam yang ada. Masukan dan tata telur ayam dengan jarak yang tidak terlalu dekat. Letakan lampu 5 watt tersebut di dalam kardus setidaknya berikan jarak antara telur.

Itulah cara untuk menetaskan telur di dalam kardus. Banyak yang menggunakan cara ini untuk memudahkan proses penetasan. Selain itu dengan bantuan penetasan di dalam kardus maka induk ayam bisa produksi telur lebih banyak. Kini anda bisa mulai membuat kardus penetas ayam sendiri. Bisnis telur ayam akan berjalan lancar dengan bantuan mesin penetas telur sederhana.