Home » Uncategorized » Cara Mencangkok Jambu Air Dengan Benar Agar Cepat Panen

Cara Mencangkok Jambu Air Dengan Benar Agar Cepat Panen

Mencangkok adalah salah satu metode perbanyakan tanaman yang dilakukan dengan mengerat batang pohon induknya. Setelah dilakukan pengeratan, maka nantinya akan dibungkus dan ditanam di media cangkok agar menumbuhkan akar di batang yang telah dikerat. Metode pencangkokan ini dilakukan untuk mempertahanakan sifat unggul dari induk.

Banyak sekali tanaman yang bisa diperbanyak dengan cara pencangkokan. Salah satunya jambu air. Cara mencangkok jambu air juga menjadi hal yang tak perlu dirisaukan karena kini ada cara mencangkok yang mudah dilakukan agar tanaman dapat tumbuh dan panen dengan optima.

Panduan Mencangkok Jambu Air Yang Mudah Dilakukan

Cara mencangkok jambu air yang harus dipersiapkan sebelum melakukan pencangkokan adalah menyiapkan media tanam. Media ini berisikan tanah gembur, cocopeat, cocofiber, pupuk kompos, hingga vitamin dengan porsi masing-masing. Bagian ini tak bisa ditinggalkan karena setiap elemen memiliki peran dan fungsi sendiri.

Tanah gembur digunakan sebagai penambah kepadatan media. Selain itu, cocopeat digunakan untuk menjaga kelembapan media serta tambahan pupuk kompos dan vitamin sebagai mineral yang dibutuhkan oleh tanaman agar tumbuh dengan optimal.

Setelah itu, campurkan semua bahan secara merata kemudian siram dengan larutan vitamin b1. Pilihlah batang yang berasal dari tanaman induk berkualitas. Syarat batang yang akan dicangkok yaitu harus berasal dari tanaman induk produktif kurang lebih berusia 2 tahun dan harus terbebas dari serangan hama dan penyakit.

Kemudian kerat bagian batang menggunakan pisau tajam yang tidak berkarat sekitar 4 hingga 5 cm. Kemudian kupas bagian kulitnya dan kerok kambiumya hingga benar-benar kering. Siapkan juga plastic transparan untuk membungkus media cangkok dan ikat pada bagian bawahnya menggunakan tali raffia.

Untuk merangsang pertumbuhan akar dengan maksimal jangan lupa oleskan bawang merah pada keratin bagian atas. Setelah itu, ambil media cangkok dan bungkus kemudian tutup dan ikat bagian atasnya hingga rapat. Penutupan ini harus menjaga agar air hujan tak dapat menetes atau pun mengalir pada batang yang telah dikerat. Setelah itu, tunggu saja cangkokan hingga berakar dan siap dipindahkan ke media lainnya.