Home » Home Decor » Cara Menata Ruang Tamu Minimalis Agar Tampak Luas Dengan Kesan Elegan

Cara Menata Ruang Tamu Minimalis Agar Tampak Luas Dengan Kesan Elegan

Memiliki hunian yang luasnya terbatas memaksa Anda untuk berpikir lebih keras demi menciptakan ruang hidup yang ideal. Namun jangan khawatir, selalu ada cara untuk menata ruang tamu minimalis Anda agar terlihat lebih nyaman dan elegan. Bagaimana caranya?

Cara Menata Ruang Tamu Minimalis Agar Tampak Luas

Pixabay.com

Menggunakan sofa tunggal panjang

Cara pertama untuk menata ruang tamu yang minimalis yaitu dengan menggunakan sofa tunggal panjang atau kursi tamu minimalis tunggal yang panjangnya sama seperti panjang ruangan untuk memanfaatkan space yang terbatas.

Membuat jendela besar di salah satu sisinya

Selanjutnya agar panorama dari luar ruangan tetap bisa dinikmati, Anda bisa membuat jendela besar di salah satu sisi dinding dari ruang tamu Anda. Kemudian menata area duduk di posisi yang nyaman, agar Anda bisa bersantai sambil menikmati pemandangan.

Memilih meja untuk jadi pusat perhatian

Jangan salah, meskipun ruang tamu Anda minimalis, selalu ada cara yang bisa digunakan untuk membuat tampilannya jadi lebih menarik meskipun dengan cara sederhana. Salah satunya yaitu dengan memilih meja yang memiliki desain unik, tetapi jangan lupa untuk menyesuaikan warnanya dengan warna sofa dan karpet yang dipilih.

Perhatikan aksen dinding

Untuk membuat tampilan ruang tamu Anda jadi lebih elegan, Anda bisa mengecat dindingnya dengan warna yang berbeda satu sama lain untuk menciptakan keluasan secara visual. Misalnya, ada dua dinding yang warna berbeda dan sangat kontras, Anda bisa membuat suasananya agar tidak terlihat tumpang tinding dengan meletakkan jendelan dengan kaca besar yang bingkainya juga kontras.

Memasang rak dinding tempel

Kebanyakan orang berpikir kalau rak dinding tempel hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan saja. Padahal, rak dinding tempel bisa berfungsi sebagai dekorasi dan juga sebagai salah satu cara untuk memaksimalkan ruang tamu Anda yang berukuran minimalis. Namun tetap saja, Anda harus memahami bagaimana cara meletakkan benda-benda di dalam rak agar tetap sedap dipandang mata.

Menggunakan panel dinding yang bisa dipindah

Ada banyak panel dinding yang terbuat dari berbagai jenis bahan yang bisa digunakan untuk menata ruang tamu yang minimalis. Contohnya, panel dinding yang dibuat dari bahan kayu,bisa dipindah atau dilepas serta bisa didekorasi menggunakan lampu untuk membuatnya lebih menarik. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan panel kayu sebagai tempat untuk menggantungkan televise datar pada sisi depannya.

Menjadikan karpet sebagai pusat perhatian

Anda bisa menata ruang tamu minimalis dengan mengguanakn gaya kontemporer yang menggunakan nuansa gelap yang dominan, seperti warna putih, abu-abu dan hitam yang berpadu dalam satu ruangan. Untuk membuat ruangan itu jadi tampak minimalis, Anda bisa pasang karpet hitam putih yang memiliki motif geometris di atas lantai beton untuk membuat karpet tersebut jadi pusat perhatian.

Mendesain dinding serbaguna

Untuk memaksimalkan penataan, Anda bisa mendesain dinding ruang tamu menjadi dinding serbaguna, dan mengalihkan fungsinya sebagai tempat penyimpanan serta memajang hiasan. Selain itu, Anda bisa menggunakan lemarin berpintu kayu yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan benda-benda sekaligus membuat ruangan menjadi lebih cantik.

Menerapkan konsep serba putih

Warna putih bisa dibilang menjadi warna wajib yang harus ada di ruangan yang minimalis. Sebab, warna putih bisa memantulkan cahaya dan merefleksikan segala sesuatu menjadi tidak terbatas. Sentuhan industrial juga bisa diterapkan di ruang tamu minimalis Anda dengan cara menggunakan furniture kayu bekas.

Cara Menata Ruang Tamu Minimalis Agar Tetap Terlihat Elegan

Pixabay.com

Ada beberapa konsep yang bisa diterapkan untuk menata ruang tamu minimalis Anda agar tetap terlihat elegan, di antaranya sebagai berikut:

Melakukan dekorasi dinding secara maksimal

Agar ruang tamu minimalis Anda tetap terlihat elegan, yaitu dengan melakukan dekorasi dinding secara maksimal. Anda bisa memasang lukisan-lukisan unik hingga membuat gallery wall yang berisi foto-foto Anda bersama keluarga terkasih dan orang-orang tercinta.

Menggunakan furniture daur ulang

Cara selanjutnya untuk menata ruang tamu minimalis biar tetap terlihat elegan, Anda bisa menggunakan furniture daur ulang seperti papan reklame atau elemen-elemen besi dari patahan rel kereta yang sudah dimodifikasi agar memberikan kesan lebih artistik pada ruang tamu Anda.

Memerhatikan pencahayaannya

Jangan lupa untuk memerhatikan pencahayaan dari ruang tamu Anda untuk memberikan kesan yang elegan. Lampu gantung bisa menjadi salah satu solusinya. Anda bisa memilih lampu yang memiliki kepala besar yang terbuat dari logam agar memberikan kesan yang lebih industrial artistik pada ruang tamu minimalis Anda.

Memilih warna furniture yang sesuai dengan tipe langit-langit

Apabila ruang tamu minimalis Anda, tipe langit-langitnya rendah, maka hindari untuk memilih furniture dengan warna-warna yang gelar. Sebaiknya Anda memilih warna yang netral atau cenderung lebih cerah seperti light grey atau beige. Selain itu, Anda bisa mengkombinasikannya dengan tanamana hias yang diletakkan di atas meja, atau menambahkan hiasan dinding yang cukup sederhana.

Hati-hati dalam peletakkan furniture

Untuk membuat desain yang elegan pada ruang tamu minimalis tetapi juga tidak sempit, Anda harus hati-hari dalam peletakkan furniture. Sebaiknya, sofa atau kursi tamu bisa diletakkan menempel dinding untuk membuat ruang tamu Anda tetap terlihat lebih elegan namun masih tampak luas.

Sebaiknya, hindari meletakkan sofat atau kursi tamu di tengah-tengah ruangan yang masih menyisakan ruang antara bagian belakang sofa dengan sisi tembok yang lain, karena akan membuat ruang tamu jadi terlihat kecil walaupun masih memberikan kesan elegan.