Home » Teknologi » Stress Karena Jaringan Internet Wifimu Lambat? Berikut Cara Mempercepat Koneksi Wifi!

Stress Karena Jaringan Internet Wifimu Lambat? Berikut Cara Mempercepat Koneksi Wifi!

Saat ini kebutuhan manusia hampir semuanya bergantung pada internet. Kita bisa mendapatkan apapun secara cepat dan praktis menggunakan internet. Jika kita sedang membutuhkan suatu barang dan tidak bisa kita temukan secara langsung maka kita bisa membelinya di internet melalui berbagai macam platform belanja online seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, serta online shop lainnya. Selain itu kita juga bisa mendapatkan berbagai sumber informasi meggunakan internet, misalnya saja seorang mahasiswa bisa dengan mudah mendapatkan referensi jurnal atau artikel untuk tugas kuliahnya dengan mengakses beberapa web yang menyediakan materi.

Internet memang merupakan salah satu solusi yang paling banyak berguna bagi kehidupan, dengan internet kita juga bisa bertukar kabar dengan sanak saudara yang sedang jauh. Jika dulu kita hanya bisa menggunakan surat untuk bertegur sapa dengan saudara yang ada di luar negeri, maka saat ini kita hanya perlu menggunakan Smartphone dan tinggal menelpon bahkan bisa menggunakan video calling agar bisa melihat wajah saudara kita tersebut.

Berbagai macam kemudahan yang ditawarkan oleh internet ini didukung dengan adanya temuan lain yang bisa mendorong kemajuan dunia tekhnlogi, salah satunya adalah penemuan jaringan Wifi. Wifi merupakan gabungan dari dua kata yaitu Wireless dan Fidelity yang berarti sebuah tekhnologi komunikasi nirkabel yang bertujuan untuk menghubungkan dua atau lebih perangkatagar dapat saling terhubung dan beragai informasi dengan menggunakan gelombang radio sebagai media penghantarnya. Tekhnologi wifi ini tidak memerlukan kabel untuk bisa berfungsi, dengan adanya wifi ini tentu saja akan semakin mempermudah kehidupan manusia pada zaman yang serba modern ini.

Biasanya seseorang jika ingin mengakses internet harus memiliki paket data terlebih dahulu, namun saat ini kita tidak perlu untuk membeli paket data. Kita bisa mengakses internet dengan menggunakan wifi, di Indonesia sendiri terdapat beberapa produk layanan komunikasi berbasis Wifi yang bisa dinikmati dengan harga yang cukup murah. Beberapa contoh yang sudah mencuri hati masyarakat Indonesia adalah jaringan Wifi Indihome dan Wifi Id. Kedua jaringan wifi ini dinilai lebih efektif jika dibandingkan dengan menggunakan layanan paket kartu perdana yang sering mengalami gangguan jaringan sehingga koneksi internet menjadi sangat lambat dan hal itu tentu saja akan membuat kita stress dan kesal apalagi jika kita sedang memiliki kepentingan yang sangat urgent. Namun ternyata jaringan wifi juga bisa saja mengalami gangguan, meskipun hal tersebut sangat kecil kemungkinannya.

Penyebab Koneksi Wifi Menjadi Lambat

pexels.com

Koneksi Wifi yang tiba-tiba menjadi lambat tentu akan membuat kita sangat kesal, apalagi di saat yang sangat penting, rasanya sangat ingin membanting laptop atau smartphone yang sedang kita gunakan. Koneksi wifi yang tiba-tiba menjadi lambat tentu saja tidak terjadi begitu saja, pasti ada sebabnya. Leskompi telah merangkum beberapa penyebab yang menjadikan koneksi wifi lambat, yaitu :

  1. Putusnya kabel LAN, LAN merupakan Local Are Network. Penyebab ini sering menjadi penyebab dari koneksi wifi yang tiba-tiba menjadi lambat. Penyebab putusnya kabel LAN ini juga disebabkan oleh banyak faktor salah satunya kesalahan pemasangan atau digigit oleh tikus.
  2. Digunakan untuk mendownload dengan kapasitas yang besar, salah satu penyebab dari lambatnya koneksi wifi adalah adanya aktifitas download dengan kapasitas yang besar atau saat kamu mendowload banyak file secara sekaligus dalam satu waktu.
  3. Digunakan oleh banyak orang, ini merupakan salah satu penyebab yang juga paling sering dijumpai. Semakin banyak digunakan oleh banyak orang, maka kecepatan wifi semakin berkurang.
  4. Lambat karena sinyal yang terhalang jarak, sebelum menggunakan wifi kamu perlu mengetahui bahwa wifi dapat terhubung dalam jarak sejauh 30 meter. Jika jarak lebih dari itu maka kamu tidak akan bisa terkoneksi dengan wifi.

Beberapa hal diatas merupakan penyebab dari koneksi wifi yang tiba-tiba menjadi lambat, meskipun masih ada penyebab lainnya tapi keempat hal diatas merupakan penyebab yang paling banyak sering ditemui.

Cara Mempercepat Koneksi Wifi

pexels.com

Jika koneksi wifi kamu menjadi lambat pasti akan mengganggu kegiatan dan juga pekerjaanmu, karena saat ini hampir semua hal memang ebutuhkan koneksi internet. Jika kamu sedang mengalami kesulitan saat menggunakan wifi yang tiba-tiba berubah menjadi lambat, kamu bisa menggunakan beberapa cara mempercepat koneksi wifi berikut ini untuk mengembalikan kecepatan wifimu menjadi normal kembali :

  1. Boot Ulang Router Wifi, reboot router atau boot ulang router wifi adalah cara yang paling mudah untuk mengembalikan kecepatan wifimu menjadi normal kembali. Namun cara ini sebaiknya tidak hanya dilakukan saat wifimu sedang lambat saja, alangkah baiknya untuk melakukan boot ulang secara rutin dan berkala, misalnya sekali dalam sehari atau sekali dalam seminggu jika pengguna wifi tidak banyak.
  2. Gunakan password dan ubah password secara rutin, untuk meminimalisir adanya penggunaan yang tidak wajar, sebaiknya kamu menggunakan password untuk wifimu. Jika kamu tidak menggunakan password wifi maka orang lain akan dengan mudah untuk menggunakan wifimu. Semakin banyak yang menggunakan maka koneksi wifi akan semakin lambat.
  3. Ganti Router dengan model yang baru, jika router wifi yang kamu gunakan masih model router lama, maka sudah saatnya untuk menggantinya ke versi yang terbaru agar bisa bekerja secara maksimal.
  4. Jauhkan dari alat elektronik dan wireless, karena letaknya yang berdekatan dengan perangkat elektronik dan wireless lainnya, sinyal wifi akan terhambat sehingga menjadi lambat.

Keempat cara mempercepat koneksi wifi tersebut sebenarnya adalah cara yang cukup mudah untuk dilakukan agar mencegah dan mempercepat koneksi wifimu. Jika koneksi wifimu tiba-tiba menjadi lambat maka kamu bisa mencoba salah satu dari cara tersebut. Jika kamu perlu memindahkan router atau hal-hal yang berhubungan dengan listrik dan kabel, kamu bisa menghubungi provider dari jaringan wifi yang kamu gunakan untuk memperbaikinya.