Home » Teknologi » Bagaimana Cara Memindahkan File dari Google Drive ke Komputer Secara Mudah?

Bagaimana Cara Memindahkan File dari Google Drive ke Komputer Secara Mudah?

Google Drive merupakan salah satu produk layanan dari Google yang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan berbagai macam file secara online. Ada beberapa jenis file yang bisa disimpan di Google Drive seperti dokumen, gambar, presentasi, PDF, video, dan spreadsheet.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Google Drive merupakan salah satu layanan penyimpanan data secara online. Hal ini berarti bahwa Google Drive harus diakses menggunakan jaringan internet.

Kelebihan Google Drive adalah layanan penyimpanan secara gratis untuk kapasitas 15 GB. Akan tetapi, jika ingin mendapatkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, maka kamu harus membayar. Kelebihan dari Google Drive lainnya adalah kemampuan untuk dpat diakses dari perangkat manapun. Sehingga, kamu bisa mengakses Google Drive dari komputer, HP, dll.

Google Drive juga memiliki kolaborasi berbasis Cloud. Hal ini akan memudahkanmu untuk berbagi file dengan orang lain secara cepat. Office Tool yang ada di Google Drive juga terbilang lengkap. Sehingga, kamu bisa membuat beberapa editing file dan mengelola file dengan lebih mudah.

Jika kamu kehilangan file yang ada di komputermu, kamu bisa mengaksesnya kembali di Google Drive meskipun itu adalah file lama. Hal yang perlu dilakukan adalah file tersebut harus diunggah ke Google Drive sebelumnya. Lantas, bagaimana cara memindahkan file dari Google Drive ke komputer?

Prosedur Memindahkan file di Google Drive ke Komputer

Pixabay.com

Kamu bisa memilih untuk memindahkan file atau folder dari Google Drive ke komputer. Jika kamu ingin memindahkan file dari Google Driive, maka kamu harus memilih jenis ekstensi file yang akan di download.

Beberapa jenis esktensi file yang bisa diunduh adalah Google Docs yang tersedia dalam beberapa ekstensi seperti .rtf, .docx, .html, .odt, .pdf, .epub, dan .txt. Sementara itu, Google Sheets tersedia dalam beberapa ekstensi seperti .tsv, .xslx, .csv, .pdf, .ods, dan .html. Sementara itu, pilihan ekstensi file dari Google Slides adalah .pptx, .png, .svg, .jpg, .pdf, and .txt. Pilihan dari Google Drawings adalah .svg, .pdf, .png, dan .jpg.

Untuk mengunduh file tertentu dari Google Drive, kamu bisa memilih file yang akan diunduh. Kemudian, klik File pada Toolbar yang ada. Setelah itu, pilihlah menu Download as untuk memilih jenis file ekstensi yang ingin kamu gunakan Setelah itu, proses download akan berlangsung.

Langkah lain yang bisa kamu gunakan adalah pilihlah beberapa file yang ingin kamu pindahkan. Setelah itu, klik kanan pada file tersebut. Kemudian pilihlah menu download. Maka proses pemindahan file dari Google Drive ke komputer akan berlangsung. Pada cara ini, kamu akan mendapatkan file sesuai dengan file asli yang ada pada Google Drive.

Sementara itu, jika kamu ingin memindahkan folder dari Google Drive ke komputer, kamu bisa menggunakan cara yang hampir sama dengan memindahkan file dari Google Drive ke komputer. Pilihlah folder yang ingin kamu pindahkan. Kemudian, klik kanan pada folder tersebut dan pilih menu download. Maka, folder tersebut akan diunduh ke komputer.

Jika kamu memilih satu file atau satu folder, maka hasilnya file unduhan akan berbentuk file tunggal. Akan tetapi, jika kamu mengunduh beberapa file atau folder, maka file atau folder tersebut akan digabungkan dalam bentuk RAR atau ZIP. Oleh karena itu, jika kamu ingin menggunakannya, kamu harus mengesktrak file tersebut.

Selain memindahkan file atau folder dari Google Drive ke komputer, kamu juga bisa memindahkan file atau folder tersebut ke web yang kamu inginkan. Caranya, pilih file atau folder yang ingin kamu publikasikan. Setelah itu, pilih File pada Toolbar yang tersedia. Kemudian pilih menu Publish To Web.

Setelah itu akan muncul kotak dialog, pilihlah menu Publish. Kemudian, akan muncul kotak konfirmasi terkait publikasi file atau folder pada sebuah web. Pililah menu OK. Setelah itu, akan muncul kotak dialog dimana kamu bisa mengisikan alamat web atau link dari website yang kamu tuju.

Kamu juga bisa mengatur apakah konten tersebut akan diperbarui secara otomatis ketika kamu mengubahnya. Caranya, pilih menu Published Content and Settings. Jika kamu ingin mengubahnya secara otomatis maka pilihlah menu Automatically Republish when changes are made. Akan tetapi, jika kamu ingin berhenti untuk memperbarui, maka pilihlah Stop Publishing. Kemudian klik OK.

Berbagai Tips dalam Menggunakan Google Drive

Pixabay.com

Google Drive sebagai salah satu layanan penyimpanan data yang cukup besar dapat digunakan secara maksimal. Jika kamu menyimpan file atau folder di dalam Google Drive, kamu bisa mengaksesnya dimana saja. Yang perlu kamu lakukan adalah login menuju akun Google. Hal ini tentu saja akan bermanfaat jika kamu ingin mengakses file tanpa terhubung ke komputermu.

Jika kamu ingin menemukan beberapa tips lain terkait penggunaan Google Drive, kamu bisa mengakses website https://wasiswa.com/. Selain itu, kamu juga bisa menemukan beberapa tips lain terkait perkembangan teknologi semisal komputer, smartphone, Arduino, dll. Ada banyak tips dan ulasan menarik yang bisa kamu gunakan dalam kehidupan sehari-hari.