Home » Teknologi »  8 Cara Memilih Kamera DSLR untuk Pemula yang Wajib Kamu Tahu

 8 Cara Memilih Kamera DSLR untuk Pemula yang Wajib Kamu Tahu

Saat ini, hasil jepretan yang jernih dan tajam tidak hanya dipengaruhi oleh keahlian dari pengguna kamera. Jenis kamera yang digunakan juga turut menentukan kualitas dari gambar yang dipotret. Penggunaan kamera DSLR cukup banyak diminati, baik karena kualitas gambar yang dihasilkan, maupun pilihan pengaturan yang lebih banyak. Namun, cara memilih kamera DSLR untuk pemula, sangat penting diketahui terutama bagi kamu yang masih awam di dunia fotografi.

Tips Memilih Kamera DSLR bagi Para Pemula

Pixabay.com

  1. Tujuan Membeli Kamera DSLR

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum membeli kamera yaitu tujuan dari membeli kamera itu sendiri. Beda tujuan, maka berbeda pula jenis kamera DSLR yang dibutuhkan. Sebagaimana contohnya jika kamu ingin belajar dan mendalami dunia fotografi, maka kamera yang dibutuhkan harus memiliki spesifikasi yang tepat seperti kamera DSLR semi pro, yang dilengkapi dengan fitur fitur yang lebih lengkap.

Beberapa orang ingin membeli kamera hanya sekedar keinginan saja. Biasanya hal ini disebabkan karena melihat banyak temannya yang menggunakan kamera, atau melihat tampilan kamera yang tampak keren. Dengan demikian, spesifikasi kamera tidak cukup berpengaruh, sehingga pemilihan kamera DSLR  basic dirasa sudah cukup.

  1. Karakteristik Kamera

Sebelum memilih kamera, ada baiknya tentukan terlebih dahulu objek seperti apa yang akan difoto, akan dibawa kemana saja kamera tersebut. Kamu perlu memilih tone yang sesuai dengan preferensi, untuk memperoleh  hasil gambar yang lebih baik. Sebagaimana contohnya, apakah kamu ingin belajar memotret foto portrait atau landscape photography.

Selain itu, cara memilih kamera DSLR untuk pemula juga perlu melihat karakteristik dari kamera tersebut. Jika memang kamu suka melakukan perjalanan ke tempat yang jauh, dan sering  mendaki gunung, maka kamera yang dibutuhkan harus ringan dan dapat menghasilkan gambar yang lebih tajam. Membeli kamera DSLR yang terlalu berat,  justru akan menghambat perjalanan saat kamu bepergian.

  1. Pertimbangkan Merek

Tidak bisa dipungkiri jika merek dapat menentukan kualitas dari suatu produk. Setiap produk saling bersaing menawarkan fitur yang menarik, untuk memikat pembeli. Sebaiknya cari  informasi terlebih dahulu mengenai merek tersebut, apakah mendukung kegiatan fotografi dengan baik atau tidak. Kamu bisa mencari ulasan dari pengguna untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari produk yang dijual.

Setiap merek memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Cara memilih kamera DSLR untuk pemula ini, akan memudahkan untuk  mendapatkan barang berkualitas. Beberapa merk kamera DSLR yang terpercaya yaitu Canon, Fujifilm dan Nikon. Jika kamu membeli kamera canon, maka kamu bisa download canon instruction manual  untuk mengetahui penggunaan dan perawatan kamera yang tepat.

  1. Mempelajari Spesifikasi Kamera

Bagi kamu yang masih baru di dunia fotografi, pastinya akan merasa kebingungan dengan spesifikasi pada kamera dan istilah istilah yang cukup asing menurutmu. Namun, tidak ada pilihan lain jika ingin mendapatkan kamera yang sesuai, maka kamu harus mempelajari spesifikasi masing masing kamera, sehingga dapat membandingkan yang satu dengan yang lain.

Beberapa spesifikasi tersebut diantaranya megapiksel, sensor dan ISO. Megapiksel menunjukkan berapa resolusi gambar yang dihasilkan dari kamera tersebut. Tak hanya itu, lensa juga sangat berpengaruh terhadap pengambilan gambar. Untuk kebutuhan pekerjaan, tentunya kamu membutuhkan kamera dengan resolusi yang lebih tinggi meskipun biasanya dibanderol dengan harga yang lebih mahal.

  1. Menyesuaikan Harga dengan Budget

Cara memilih kamera DSLR untuk pemula selanjutnya yaitu dengan menyesuaikan harga kamera dengan budget yang dimiliki. Jika ingin mendapatkan kamera dengan spesifikasi yang lebih unggul, maka kamu harus menyiapkan budget yang lebih banyak. Maka hal yang paling mendasar ketika ingin membeli sebuah kamera, kamu harus melihat budget yang kamu kamu punya terlebih dahulu.

Jika budget yang kamu punya tidak terbatas, maka harga kamera tidak akan menjadi masalah. Karena kamu bisa membeli kamera dengan harga paling mahal sekalipun. Namun, jika memang budget yang kamu miliki tidak cukup untuk membeli kamera yang kamu inginkan. Tidak ada pilihan lain, selain menabung hingga jumlahnya sesuai dengan harga kamera tersebut.

  1. Agen DSLR yang Dekat Rumah

Setiap pemakaian barang dalam jangka waktu tertentu, akan mengalami penurunan performa, hingga kerusakan pada salah satu komponennya. Begitupun dengan kamera yang kamu gunakan, yang pastinya pada waktu tertentu membutuhkan perbaikan ketika mengalami kerusakan. Maka dari itu, akan lebih baik jika kamu memilih agen yang ada di sekitar rumah.

Hal tersebut akan memudahkanmu untuk melakukan service maupun penggantian spare-part kamera. Selain itu, kamu juga dapat menghemat pengeluaran untuk melakukan perbaikan. Dibandingkan dengan membeli kamera baru yang lebih mahal, akan lebih baik jika memperbaiki kamera tersebut jika kerusakannya tidak terlalu parah, sehingga kamu tidak membutuhkan budget yang lebih besar.

  1. Menanyakan Garansi

Pixabay.com

Sebelum memutuskan untuk membeli kamera, jangan lupa untuk mengecek garansi yang diberikan oleh penjual. Cara memilih kamera DSLR untuk pemula ini, dapat dilakukan dengan menanyakan seberapa lama garansi yang diberikan oleh pembeli. Selain itu, bagian  kamera mana saja yang dijamin apabila ada kerusakan. Dengan mengetahui garansi yang diberikan, maka kamu bisa memanfaatkan dengan baik jika memang kamera rusak nantinya.

  1. Mempertimbangkan Lingkungan Sekitar

Ada baiknya jika memilih kamera sesuai dengan lingkungan yang kamu miliki. Seperti misalnya, kebanyakan teman dekatmu menggunakan kamera jenis dan merek seperti apa. Bukan hanya sekedar biar kompak memiliki kamera yang sama satu dengan yang lain, lebih dari itu, memilih kamera yang sama dengan teman akan memudahkanmu dalam menggunakan kamera tersebut.

Kamu bisa belajar dengan mudah bagaimana cara mengoperasikan kamera tersebut dengan bimbingan dari temanmu. Selain itu, kamu juga lebih mudah meminjam lensa jika  temanmu menggunakan kamera dengan merk yang sama. Namun, jika memang kamu ingin menggunakan kamera yang berbeda dengan temanmu, maka kamu boleh tidak masalah mengabaikan cara memilih kamera DSLR untuk pemula ini.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu terapkan saat memilih kamera DSLR. Selain beberapa cara di atas, kamu juga perlu mempertimbangkan faktor lain seperti ukuran dan model kamera yang akan dibeli. Pastikan memilih kamera dengan body yang sesuai dengan genggaman tangan, sehingga memudahkan saat mengambil gambar. Sebaiknya pilih ukuran yang lebih kecil jika memang kamu sering membawa kamera untuk bepergian.