Home » Hobi » Cara Membuat Petis Udang Enak dan Praktis

Cara Membuat Petis Udang Enak dan Praktis

Petis merupakan salah satu bagian dari suatu kuliner Indonesia yang cukup terkenal. Petis biasanya terbuat dari bahan seperti ikan pindang, kupang, atau udang. Petis ini sering kali dipanaskan sehingga berubah menjadi cairan yang pekat dan kental. Cenderung dijadikan sebagai bahan penyedap makanan.

Informasi lainnya, yang membuat petis berwarna coklat agak kehitaman yakni gula batok karamelnya. Sehingga bukan hanya warnanya saja yang khas, melainkan rasanya juga begitu khas sekali. Nah! Berbicara mengenai petis udang, tentu saja tidak lepas dari sejarah dan resepnya. Yuk! Simak artikel di bawah ini.

1) Asal Mula Adanya Petis Udang

Pada zaman dahulu, petis udang merupakan olahan makanan yang terbuat dari sisa-sisa daging udang. Biasa diolah oleh masyarakat pedalaman. Untuk petis sendiri yakni sangat khas dengan daerah Sidoarjo. Petis udang di madura memiliki ciri khas rasa yang asin serta memiliki warna yang cerah.

Sementara di daerah Boyolali, bukan petis udang lagi namanya. Melainkan karena disana terkenal dengan daerah penghasil susu sapi, dendeng, abon dan juga rambaknya maka ada juga petis sapi di sana. Petis sapi ini merupakan hasil dari sampingan pembuatan abon dan juga dendeng sapi.

2) Cara Membuat Petis Udang Sederhana

Tidak perlu ke restoran untuk dapat merasakan makanan bercampur petis. Kamu bisa membuat pia udang sendiri, dengan menyiapkan beberapa bahan seperti udang, gula merah dan gula pasir, serta garam. Lalu bagaimana cara membuat petisnya? Gampang sekali. Kamu tinggal blender daging udang kemudian rebus hingga kurang lebih 1 jam.

Perlu diingat, rebus saja menggunakan api sedang. Setelah mendidih saring air rebusan udang dari ampasnya. Kemudian masukan bahan-bahan seperti gula dan garam, rebus kembali dengan menggunakan api kecil. Ingat, masak air tersebut hingga mengental ya. So, jika sudah mengental, petis sudah jadi dan siap menjadi bahan penyedap masakan.

Bagaimana? Ternyata mudah sekali, bukan membuat petis udang homemade? Sudah tahu cara membuatnya, yakin tidak mau mencobanya?