Home » Home Decor » Cara Membuat Kolam Renang Dari Terpal Baik Di Atas dan Di Dalam Tanah

Cara Membuat Kolam Renang Dari Terpal Baik Di Atas dan Di Dalam Tanah

 

Sebenarnya cara membuat kolam renang dari terpal ini tidak jauh berbeda pada saat Anda membuat kolam ikan dari terpal. Selain itu jenis terpal yang digunakan pun sebenarnya tidak jauh berbeda.

Kolam renang dari terpal ini memang bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin membuat kolam renang dengan biaya murah. Meskipun dibilang murah, tapi tetap saja butuh dana yang cukup besar saat membuat kolam renang dari terpal. Dan jika dilihat kini banyak masyarakat Indonesia yang justru memilih membuat kolam renang dari terpal.

Meskipun di sisi lain kolam renang terpal tidak bisa dengan mudah dipindah-pindah layaknya kolam renang plastik. Nah, bagi Anda yang masih belum memiliki pandangan mengenai desain kolam renang terpal, mungkin kumpulan desain gambar kolam renang mini ini salah satunya bisa Anda pilih.

Membuat Kolam Renang Terpal di Atas Permukaan Tanah

Sesuai dengan namanya, cara membuat kolam renang terpal jenis ini merupakan kolam renang yang dibuat di atas permukaan tanah. Kelebihan kolam renang ini adalah tidak memerlukan galian tanah. Artinya Anda tidak perlu membuat lubang besar pada lahan yang akan digunakan.

Meskipun demikian, Anda diharuskan untuk tetap membuat rangka yang kuat. Tujuannya adalah agar terpal bisa berdiri tegak. Selain itu juga agar aman pada saat digunakan untuk berenang nantinya.

Nah, untuk membuat kolam renang terpal di atas permukaan tanah, beberapa bahan yang diperlukan adalah pasir, semen, kayu balok, pipa, batu bata, dan terpal. Setelah semua bahan Anda siapkan, maka cara membuat kolam renang dari terpal adalah:

  1. Buat denah atau mengukur kolam renang yang ingin dibuat. Misalnya saja Anda membuat kolam renang terpal dengan ukuran 4 x 5 x 1.
  2. Setelah itu lanjutkan dengan membuat pondasi dengan ukuran yang sebelumnya sudah Anda tentukan.
  3. Kemudian buatlah saluran untuk keluar masuknya air. Barulah jika kolam sudah kering langsung saja letakkan terpal yang sebelumnya sudah dipersiapkan.

Membuat Kolam Renang Terpal Di Dalam Tanah

Terdapat 2 jenis kolam renang terpal yang dibuat di dalam tanah. Jika Anda memilih sebagain saja yang direndam, maka secara otomatis Anda harus terlebih dahulu membuat rangka yang kokoh agar kolam renang terpal bisa berdiri tegak.

Sementara itu apabila kolam terpal dengan merendam seluruh bagiannya maka Anda tidak perlu lagi membuat rangkanya. Sebab yang terpenting adalah menggali lubang kolam renang sesuai dengan ukuran yang sudah dibuat.

Selain itu Anda tidak perlu khawatir susahnya membuat galiannya. Pasalnya membuat kolam renang terepal di dalam tanah seperti ini justru lebih mudah. Yang paling penting adalah terpal yang digunakan harus benar-benar dipilihkan yang terbaik. Jangan sampai terpal yang digunakan tidak mampu menahan beban air kolam renang.

Yang paling utama, terpal yang akan Anda jadikan terpal harus benar-benar kuat dan jangan sampai bocor sedikitpun. Anda bisa memperhitungkan beban air dan juga ikannya. Jangan sampai terpal yang digunakan tidak mampu menahan beban air maupun ikan pada kolam.

Untuk membuat kolam terpal di dalam tanah, bahan-bahan yang dibutuhkan adalah terpal terbaik, cangkul, pasak atau bambu, dan meteran. Setelah semuanya siap, maka langkah membuat kolam renang dari terpal adalah seperti ini:

  1. Seperti biasanya, Anda harus menentukan ukuran kolam renang yang ingin dibuat. Biasanya untuk luas terpal 4 x 5 m, luas kolam renang adalah 2 x 3 x 1. Artinya ukuran kolam renang harus disesuaikan dengan luas terpal yang digunakan.
  2. Setelah itu, tancapkan pasak pada lahan yang sebelumnya sudah Anda ukur. Lalu cangkul dan buatlan lubang sesuai dengan ukuran yang sudah Anda buat sebelumnya.
  3. Setelah itu buatlah lubang pembuangan untuk keluar masuknya air ke dalam kolam renang terpal.
  4. Langkah terakhir, masukkan terpal yang sudah diukur sesuai dengan ukuran kolam renang terpal.

Perawatan Kolam Renang Dari Terpal

Pada dasarnya perawatan kolam renang dari terpal ini lebih mudah dilakukan jika dibanding kolam renang permanen pada umumnya. Sebab Anda tinggal membersihkan airnya secara rutin.

Nah, untuk menjaga kejernihan air, bisa menggunakan berbabagai bahan kimia yang sering dimanfaatkan untuk membersihkan air kolam renang pada umumnya. Atau jika tidak mau keluar biaya Anda bisa menguras air kolam renang secara keseluruhan. Bagaimana, sudah siap untuk mempraktekkan cara membuat kolam renang dari terpal?