Home » Bisnis » Sudah Tahu Cara Membuat Facebook Bisnis? Yuk Intip Di Sini

Sudah Tahu Cara Membuat Facebook Bisnis? Yuk Intip Di Sini

Menjalankan bisnis di zaman yang serba canggih saat ini telah sangat mudah, anda telah difasilitasi dengan berbagai fitur menarik. Mulai dari website hingga sosial media, seperti Facebook yang memberikan fitur bisnis untuk anda. Cara membuat Facebook bisnis pun tergolong mudah, sehingga anda tak perlu memasarkan usaha secara offline. Yuk intip caranya di sini!

Cara Mudah Membuat Akun Bisnis di Facebook

Langkah pertama, anda hanya perlu masuk ke halaman Facebook seperti biasanya. Akan tetapi, kali ini anda harus memilih fitur bisnis dari sosial media berwarna dominan biru ini. Fitur ini memiliki beragam manfaat untuk para penggunanya yang menjalankan usaha, seperti menjangkau pengikut serta pengunjung yang lebih banyak.

Setelah itu, anda hanya perlu mengetuk tab Buat Akun yang ada di pojok kanan atas. Anda akan dibawa ke halaman untuk membuat akun bisnis baru. Hal hal yang harus dilakukan, yaitu menuliskan nama usaha yang akan dijalankan di kolom yang telah tersedia. Pilihlah nama yang menarik dan mudah diingat oleh para pengunjung akun anda.

Kemudian klik tab Selanjutnya agar proses ini dapat diselesaikan. Calon pemilik akun bisnis akan dibawa ke halaman pengisian profil lengkap. Anda akan diminta mengisi detail informasi akun, seperti nama dan alamat surat elektronik, lalu klik tab Selesai. Inilah tahap akhir pembuatan akun bisnis di sosial media yang didirikan oleh Mark Zuckerberg.

Setelah tahap pembuatan akun selesai, anda bisa mengatur beberapa hal lainnya untuk membuat akun bisnis ini lebih menarik. Mulai dari halaman fanspage agar dapat dikenal oleh orang banyak, ad account untuk mengundang orang lain ikut di halaman akun iklan anda, serta cara membuat Facebook bisnis ini memberikan fitur admin dan karyawan tambahan.

Cara Menambahkan Fanspage di Akun Bisnis

Untuk mengundang banyak orang melihat bisnis yang anda jalankan, maka memerlukan fitur tambahan. Salah satu yang tersedia untuk anda, yaitu fanspage untuk ditambahkan di halaman akun bisnis usaha anda. Caranya cukup mudah, yaitu pilihlah Add Page yang ada di ujung kiri dari beberapa kotak dialog yang tersedia untuk anda.

Setelah menekan pilihan Add Page, halaman PC akan menampilkan beberapa pilihan untuk anda. Pilihan pertama bertujuan untuk menambahkan halaman fanspage yang telah dimiliki, sehingga anda hanya perlu menyalin link urlnya. Pilihan kedua dapat dipakai bila anda ingin memakai fanspage milik orang lain, sedangkan terakhir berfungsi untuk membuat fanspage baru.

Ketiganya bisa anda pilih, dengan catatan cara kerjanya yang berbeda beda. Bila anda telah memiliki fanspage, maka pilihan pertama sangat cocok. Akan tetapi, bila para pengguna ini memakai halaman yang sudah dibuat atau tersedia maka pilihan ini bisa anda klik. Bila para pemilik akun bisnis ingin membuat halaman yang unik, maka pilihlah opsi yang ketiga.

Bila anda telah memiliki halaman fanspage, maka anda hanya perlu mengetuk tab Add a Page You Own. Setelah itu, pilihlah tab Add Page untuk menempel link url yang sudah disalin sebelumnya. Tahap akhir yang perlu dilakukan, yaitu mengetuk klik Add Page agar halaman tersebut dapat ditampilkan di Manager Business yang disediakan oleh Facebook.

Cara Menambahkan Ad Account untuk Akun Iklan

Setelah menambahkan halaman fanspage, cara membuat Facebook bisnis dilanjutkan dengan Ad Account. Anda perlu kembali ke halaman awal atau Manager Business agar pilihan pilihan halaman iklan bisa diklik. Klik tab Ad Account yang ada di bagian tengah dari ketiga kotak dialog yang ada ditampilan oleh akun bisnis anda.

Setelah itu, halaman komputer akan menampilkan kotak dialog khusus yang berisi beberapa hal penting. Anda hanya perlu mengisi nama akun iklan yang akan dipakai di kolom bagian atas. Pada bagian ini, anda bisa menuliskan nama yang menarik agar semakin banyak orang yang tertarik bergabung dengan iklan yang ada buat.

Kemudian, terdapat pula kotak yang bertuliskan Advertising on Behalf of di bagian kedua. Pada bagian ini, anda tak perlu menuliskan sesuatu hal karena pengelola media sosial Facebook yang akan mengisinya secara otomatis. Baris ketiga berisikan zona waktu yang dapat anda atur secara manual sesuai dengan lokasi pemilik akun bisnis.

Baris keempat berisi Currency atau mata uang pembayaran yang harus dibayarkan oleh orang yang turut bergabung. Tips jualan online ini bisa memakai mata uang di negara tempat asal anda atau juga bisa memakai dollar Amerika. Akan tetapi, pastikan anda terus memantau perkembangan nilai tukar mata uang yang dapat berubah sewaktu waktu secara fluktuatif.

Setelah semua baris dalam kotak dialog terisi, halaman akhir dari pembuatan ini akan memunculkan tulisan Nice Work. Hal ini menunjukkan bahwa proses Ad Account yang telah anda lakukan telah selesai dan dapat digunakan. Dengan begitu, anda bisa mulai menarik banyak orang untuk bergabung dalam iklan yang dibagikan melalui akun iklan tersebut.

Cara Menambahkan Add People

Yang harus dipahami, terdapat dua pilihan untuk orang tambahan ini yaitu Admin atau Karyawan. Anda bisa menambahkan mereka dengan batasan akses tertentu di halaman tertentu. Pengembang media sosial berlogo huruf F ini telah memberikan fitur yang sangat lengkap dan memudahkan para penggunanya.

Anda hanya perlu klik tab Add People yang ada di ujung kanan dari ketiga kotak dialog di halaman utama. Setelah itu, tambahkan alamat email dari orang yang akan ditambahkan. Anda juga harus memberikan keterangan posisi yang jelas di suatu halaman agar kinerjanya tetap optimal, lalu klik tab Selanjutnya untuk melanjutkan pengaturan.

Tak hanya di halaman fanspage, anda juga bisa mengaturnya untuk akun iklan yang lengkap mulai dari posisi serta fungsi kerjanya. Setelah itu selesaikan proses ini dengan mengabaikan pilihan catalog. Cara membuat Facebook bisnis ini telah selesai bila telah menambahkan pengelola di tiap halaman dan akun iklan, lalu diakhiri dengan tulisan Nice Work.

Facebook ialah sosial media yang dulunya hanya berfungsi sebagai akun pribadi seseorang. Akan tetapi, saat ini fungsinya telah berkembang menjadi media untuk penjualan online. Fitur bisnis melengkapi kekayaan fiturnya yang dibutuhkan banyak orang, sehingga cara untuk membuat akun bisnis ini sangat diperlukan. Sudahkah anda memiliki akun bisnis di media sosial ini?