Home » Teknologi » Mudah Dilakukan, Yuk Intip Cara Melihat Spesifikasi Laptop Berikut

Mudah Dilakukan, Yuk Intip Cara Melihat Spesifikasi Laptop Berikut

Perkembangan teknologi hari ini mengharuskan semua orang untuk memiliki gadget sebagai pendukung. Mulai dari smartphone dan juga laptop merupakan kebutuhan wajib bagi semua orang sekarang. Jika anda memiliki smartphone, tentu anda sudah familiar untuk melihat spesifikanya. Namun hal ini tidak berlaku untuk para pemilik laptop yang kebanyakan tidak tahu cara melihat spesifikasi di dalamnya.

Padahal melakukan pengecekan spesifikasi dalam laptop sebenarnya dibutuhkan untuk mengetahui informasi di dalamnya. Sebenarnya mengecek spesifikasi laptop bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Meskipun demikian banyak orang yang jarang mengetahui cara melihat spesifikasi laptop dan jarang sekali dilakukan oleh orang yang akan membeli laptop. Oleh karenanya, yuk simak ulasan selengkapnya berikut.

Cara Gampang Melihat Spesifikasi Laptop yang Mudah Dilakukan

Pixabay.com

1 Menggunakan Setting App

Jika anda ingin mendapatkan gambaran umum konfigurasi sistem laptop ana, maka anda bisa menggunakan aplikasi pengaturan. Aplikasi ini akan menyediakan berbagai informasi tentang perangkat keras dan perangkat lunak anda. Untuk bisa melihat spesifikasi tersebut maka pertama bukalah settings dan klik System. Jika sudah maka klik tombol About di mana akan ditampilkan informasi mengenai sistem operasi windows.

Dengan melihat spesifikasi ini maka anda akan mendapatkan informasi mengenai sistem operasi windows berapa yang terinstall di laptop anda. Selain itu anda pun juga dapat memperoleh informasi mengenai prosesor yang digunakan, kapasitas RAM hingga besaran hard drive. Sehingga anda bisa mengetahui aplikasi apa yang paling banyak membutuhkan kapasitas yang dibutuhkan untuk sebuah aplikasi.

  1. Mengecek dengan Informasi Sistem

Perlu diketahui jika informasi sistem bukanlah alat baru pada Windows, namun salah satu cara termudah dan terbaik untuk dapat digunakan melihat spesifikasi laptop. Cara melihat spesifikasi laptop melalui informasi sistem cukup mudah untuk dilakukan. Pertama buka menu start dan ketik msinfo32 atau system information. Kemudian tekan tombol enter dan secara otomatis hardware dalam laptop anda akan diketahui.

Saat membuka informasi sistem anda akan menemukan ringkasan sistem, yang mencakup informasi seperti model sistem, jenis sistem, prosesor, informasi BIOS dan tanggal pembaruan firmware hingga ukuran memori yang dipasang. Namun sayangnya informasi kartu grafik tidak akan tersedia di dalam ringkasan sistem tersebut. Jika anda ingin mengetahui hal tersebut maka anda bisa melakukan expand pada components kemudian klik view.

Salah satu fitur menari mengenai System Information adalah kemampuan untuk membuat laporan lengkap mengenai spesifikasi sistem anda. Hal ini tentu sangat berguna jika anda mengalami kegagalan perangkat keras sementara laptop atau PC tidak mau boot. Jika anda telah menjalankan laporan lengkap dan menyimpannya di OneDrive, maka anda akan tetap mendapatkan akses untuk mengetahui informasi dalam laptop anda.

  1. Menggunakan Bantuan Software CPU-Z

Pixabay.com

Tak hanya menggunakan fitur bawaan dari windows, anda juga bisa menggunakan software yang disediakan oleh pihak ketiga seperti CPU-Z. Software satu ini memberikan tampilan informasi spek cukup lengkap dengan proses instalasi yang cukup mudah. Caranya pun sangat mudah untuk dilakukan. Pertama pastikan anda sudah mengunduh software CPU-Z di beberapa situs seperti CPUID.com dan dilanjutkan dengan menginstalnya.

Setelah instalasi sukses dilakukan, anda bisa membuka software tersebut dan melihat secara detail spek dari laptop atau PC anda. Biasanya anda akan mendapatkan informasi lengkap mengenai CPU mulai dari nama processor hingga core speed laptop atau PC yang ada pada kolom CPU. Apabila anda ingin melihat informasi mengenai mainboard, maka anda bisa membuka kolom main board yang tersedia pada CPU-Z.

  1. Menggunakan Command Prompt

Untuk bisa melihat spesifikasi laptop, maka anda juga bisa menggunakan systeminfo.exe yang merupakan perintah CMD. Penggunaan CMD ini akan memungkinkan anda untuk mendapatkan banyak informasi tentang spesifikasi laptop atau PC anda. Bahkan anda akan diberi tahu informasi kapan sebuah sistem operasi dipasang pada laptop atau PC anda. Cara melihat spesifikasi laptop, maka lakukanlah beberapa langkah.

Pertama buka menu start kemudian ketikan Command Prompt pada kotak pencarian. Jika sudah maka klik menu Run as administrator, dan ketikan perintah di bawah enter systeminfo. Setelah anda menjalankan perintah, maka anda akan mendapatkan konfigurasi terperinci tentang perangkat keras, spesifikasi dan sistem operasi, termasuk Windows, informasi pembaruan, versi BIOS dan beragam informasi lainnya yang ada di dalam laptop.

  1. Menggunakan Sofware DXdiag

DXdiag merupakan salah satu pilihan terbaik yang bisa anda gunakan sebagai cara untuk melihat spesifikasi laptop atau PC anda. Untuk bisa melihat lebih detail, maka anda bisa harus memahami bagaimana langkah langkahnya. Pertama buka RUN atau anda dapat menekan tombol Windows + R pada keyboard anda. Kemudian ketikan kata dxdiag pada box yang muncul kemudian klik OK.

Tunggulah beberapa detik maka akan muncul pop up box yang akan menampilkan informasi lengkap mengenai spesifikasi laptop anda. Pada tab system anda akan melihat data lengkap mulai dari prosesor, OS hingga RAM yang ada di dalam laptop. Sedangkan pada tab display, akan ditampilkan info terperinci mengenai kartu grafis dan segala sesuatu yang berhubungan dengan layar anda. Pada tab sound anda akan melihat info mengenai driver hingga input device.

  1. Menggunakan Software Speecy

Anda juga bisa menggunakan software speecy untuk mengetahui spesifikasi laptop atau PC anda. Caranya tidak jauh berbeda dengan software pada umumnya yang banyak beredar di Play Store. Pertama pastikan jika anda sudah mengunduh software Speecy tersebut di web resminya. Kemudian install pada laptop atau PC yang akan anda periksa spesifikasinya.

Setelah proses instalasi sukses, maka buka softwarenya dan anda sudah dapat melihat secara rinci informasi mengenai spesifikasi CPU laptop atau PC anda. Selain itu anda juga bisa melihat tab summary yang mana akan menampilkan secara terperinci spesifikasi dari laptop anda mulai dari RAM hingga sistem operasi. Dengan begitu anda tidak perlu repot untuk melakukan banyak hal, cara melihat spesifikasi laptop dengan speecy jauh lebih mudah dibandingkan yang lainnya.

Banyak sekali cara yang bisa anda lakukan untuk melihat spesifikasi yang ada di dalam laptop anda. Tentunya anda bisa menggunakan perangkat yang ada di dalam laptop atau menggunakan bantuan software yang bisa diinstal. Dengan melakukan hal ini, maka anda tidak perlu khawatir mengenai spesifikasi yang ada di dalamnya. Anda bisa mengunjungi www.charis.id untuk bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik komputer.