Home » Uncategorized » Cara Mangga Okyong Yang Baik dan Benar

Cara Mangga Okyong Yang Baik dan Benar

Mangga okyong adalah salah satu jenis mangga yang sangat produktif. Bagaimana tidak, karena mangga ini dapat berbuah tiga kali dalam setahun. Mangga ini termasuk varian mangga asal Thailand dan belum banyak dikomersilkan. Ukuran buahnya tidak terlalu besar ataupun kecil,dengan ukuran 10-12 cm dan mempunyai berat 200-250 gram.

Rasa Mangga Okyong

Mangga ini mempunyai rasa yang manis, segar berair,mempunyai serat yang lembut,renyah serta mempunyai aroma yang harum. Mangga Okyong mempunyai daging buah yang tebal dan biji yang kecil dan tipis.

Bibit Mangga Okyong

Bibit mangga okyong perlu perhatian yang lebih karena selain bibitnya kecil, bibit ini juga ringkih serta sensitif. Tetapi kelebihan lain, tanaman ini mudah sekali beradaptasi dan area percabangannya mudah dibentuk menjadi tanaman hias. Jadi kita juga bisa menanam mangga okyong dalam pot dan dijadikan koleksi tanaman hias. Atau jika ingin mengkomersilkan tanaman ini, kita juga bisa menanamnya di kebun dalam jumlah banyak.

Cara Menanam Mangga Okyong

Sebelum menanam mangga okyong ada baiknya kita mengetahui dulu jenis tanaman ini. Perlu kita ketahui bahwa mangga okyong tumbuh di dataran rendah dengan ketinggian 0-300 mdpl. Sehingga kalau tanaman ini ditanam pada ketinggian 1300 mdpl maka akan kurang optimal.

Pada saat akan menanam mangga okyong dan kita menginginkan mangga yang cepat berbuah maka pilihlah bibit mangga okyong dari hasil stek atau okulasi.  Jika kita menanam dari bijinya maka biasanya hasilnya tidak sebagus pohon induknya, serta berbuahnya pun akan lama.

Apabila kita menanam mangga okyong di dekat bangunan rumah maka kita harus sering memangkas batang pohonnya. Karena pohon ini juga berpotensi merusak bangunan apabila tidak kita rawat dengan baik.

Lain lagi apabila kita menanam mangga okyong dalam pot maka sebaiknya kita menggunakan drum bekas yang telah dipotong menjadi dua bagian. Sebelum media tanam dimasukkan, terlebih dahulu di dasar drum dimasukkan ijuk dan genteng untuk kelancaran aliran air dan drainase.

Mangga okyong hasil okulasi atau stek dapat berbuah setelah 3 atau 4 tahun . Pada saat memanen buah sebaiknya jangan terlalu matang agar tidak hilang kerenyahannya. Sebaiknya panenlah buah pada saat memiliki ciri-ciri kulit akan berubah dari hijau kekuningan dan jika ditekan buahnya akan terasa empuk.