Home » Bisnis » Cara Bisnis Kuota Internet yang Seakan Tak Pernah Mati

Cara Bisnis Kuota Internet yang Seakan Tak Pernah Mati

Smartphone memang sudah bukan lagi barang mahal, juga bukan lagi barang milik orang dewasa saja. Pengguna smartphone di Indonesia sendiri sudah sangat tinggi mengingat negara ini termasuk sebagai salah satu negara berkembang. Hasilnya, kebutuhan akan akses internet pun juga semakin tinggi dari waktu ke waktu, menjadikannya sebagai sebuah peluang menjanjikan. Selain itu, cara bisnis kuota internet yang terbilang mudah juga membuat peminatnya terus berdatangan.

Peluang Bisnis Kuota Internet

Smartphone memang semakin mumpuni dalam memudahkan berbagai aktivitas manusia. Mulai dari berkomunikasi, belajar, bekerja, berjualan bahkan untuk menghibur diri bisa dipenuhi oleh telepon pintar dengan sambungan internet. Setiap orang dari berbagai kelas ekonomi seakan memiliki perangkat smartphonenya sendiri. Bahkan mereka yang datang dari usia produktif bisa saja memiliki lebih dari 1 smartphone.

Permintaan akan pulsa internet pun terus meningkat meskipun penjual pulsa juga terus bertambah. Anda bisa menemukan penjual kuota internet, baik berupa kuota inject maupun voucher fisik di kios-kios kecil pinggir jalan hingga di situs jual beli terkemuka. Namun nyatanya, permintaan akan kuota internet masih terus saja berdatangan yang seakan membuktikan bahwa bisnis yang satu ini memang tidak pernah surut.

Dengan peluang yang masih terbuka lebar, potensi yang dihasilkan pun juga sangat menggiurkan. Entah itu sebagai usaha sampingan atau usaha utama, berjualan kuota internet mampu memberikan hasil yang sesuai dengan modal yang dikeluarkan. Bisnis yang juga terkenal akan fleksibilitasnya ini mampu menjanjikan keuntungan jutaan rupiah meskipun profit yang didapat per transaksinya terbilang receh.

Cara Berjualan Kuota Internet yang Bisa Anda Coba

Seperti yang disebutkan di atas, bisnis pulsa merupakan bisnis yang fleksibel dimana Anda bisa dengan mudah menentukan berapa modal yang bisa disiapkan hingga bagaimana Anda akan berjualan nantinya. Ya, Anda bahkan bisa mulai usaha kuota internet ini dengan modal di bawah Rp 1 juta sekalipun. Anda juga tidak harus menyewa kios terlebih dahulu karena berbagai cara usaha online juga bisa diterapkan untuk bisnis pulsa ini.

Untuk memudahkan Anda membuat gambaran tentang bisnis pulsa dan kuota internet, berikut beberapa hal yang mungkin perlu dipertimbangkan atau dipersiapkan. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan antara lain

Tahap Persiapan

Server Pulsa/ Distributor; temukan server pulsa profesional entah itu online atau offline yang akan memasok pulsa, temukan pula distributor voucher fisik kuota internet yang mungkin juga menyediakan kartu SIM khusus internet yang juga bisa menarik minat calon konsumen Anda.

Modal; besaran nominal modal tergantung pada seberapa besar uang yang ingin Anda alokasikan untuk deposit pulsa ke server. Selain itu, sediakan pula dana untuk membeli voucher internet yang paling laku di daerah Anda.

Sebuah handphone; karena ada beberapa server yang menyaratkan Anda menggunakan aplikasi server pulsa mereka untuk memudahkan transaksi dan administrasi. Ada pula  yang cukup menggunakan handphone fitur candybar untuk sekedar mengirim SMS kode transaksi.

Tahap Pelaksanaan

Setelah saldo dan voucher fisik Anda dapatkan, berikutnya adalah tahap menjalankan usaha sesuai dengan bentuk bisnis yang dijalankan (online atau offline). Pada dasarnya, Anda harus memajang barang dagangan Anda dengan baik agar mudah diterima calon konsumen. Begitu pula dengan pemasaran yang akan Anda lakukan nantinya, harus disesuaikan dengan bentuk bisnis dan target pasar.

Untuk kios pulsa offline atau sering disebut sebagai konter pulsa, biasanya selain memajang daftar harga paket internet juga memajang banner atau bahkan neon box untuk meningkatkan visibilitas tempat usaha. Promosi bisa dilakukan dengan menyebar stiker atau selebaran ke target pasar, misalnya lingkungan perumahan, perkantoran, sekolah dan sebagainya.

Sementara untuk konter online, selain membuat toko online di marketplace populer, juga bisa menggunakan grup chatting atau menawarkan pulsanya ke grup jual beli lokal. Promosi bisa dilakukan dengan memanfaatkan media sosial yang digunakan oleh target pasar atau juga menggunakan media blog dan website yang dioptimasi. Cara pembayaran pun beragam, ada yang menggunakan rekening bersama marketplace dan ada pula yang menggunakan transfer rekening bank.

Salah satu yang menjadi kunci bertahan dalam cara bisnis kuota internet ini adalah administrasi yang baik. Banyak pemula yang mengakhiri jualan pulsanya karena pengelolaan dana yang kurang baik. Ujungnya banyak diantara mereka yang berakhir tidak ada uang untuk deposit atau belanja stok voucher karena modal yang macet. Biasanya yang membuat modal macet ini adalah utang.

Selain dari beberapa hal di atas, Anda juga perlu menerapkan beberapa langkah lain untuk memastikan bahwa bisnis kuota yang Anda rintis bisa bertahan. Ya, meskipun tergolong mudah untuk dijalankan, nyatanya bisnis yang sangat kompetitif ini juga menuntut kejelian Anda sebagai pebisnis, antara lain dalam hal

Analisa target pasar; kejelian Anda dalam membaca permasalahan dan kebutuhan calon konsumen bisa sangat menentukan keberlanjutan bisnis pulsa di tengah sengitnya persaingan dengan konter lain di lingkup Anda. Hal ini akan menentukan berbagai alokasi modal Anda dan strategi marketing yang akan dilakukan nantinya.

Pemasok terpercaya; Anda juga harus bisa mendapatkan pemasok pulsa dan voucher fisik yang profesional. Temukan profil mereka, selidiki riwayatnya, pelajari syarat dan ketentuan yang mengikat hubungan Anda dengan mereka. Pastikan pula mereka mumpuni, responsif dan kooperatif agar reputasi Anda tidak ikut kandas. Jangan hanya berpatokan pada harga murah.

Lengkapi layanan; puaskan pelanggan Anda dengan layanan yang lebih lengkap karena orang cenderung menginginkan semua serba praktis. Pastikan mereka puas bisa mencukupi berbagai kebutuhan sekaligus dari tempat Anda, misalnya pulsa listrik, pulsa telepon, bayar PDAM, bayar cicilan, bayar BPJS dan sebagainya.

Bagaimana semakin yakin ingin ikut mengais receh dari berjualan kuota internet? Jangan sepelekan bisnis yang satu ini, karena nyatanya bisnis yang mudah ini tetap bisa menjanjikan jutaan rupiah dengan sistem yang benar.