Home » Teknologi » Variasi Cara Back Up Data di Android

Variasi Cara Back Up Data di Android

Pengguna smartphone Android kemungkinan sudah tidak asing dengan istilah backup data. Karena, dengan melakukan backup data pengguna dapat memiliki salinan data di perangkatnya, apabila terjadi hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, melakukan backup data menjadi hal sangat penting bagi pengguna Android. Terlebih, smartphone saat ini mempunyai banyak fungsi, di antaranya menyimpan data-data berharga, seperti kontak, dokumen, atau foto.

Tidak dapat dibayangkan, apabila anda harus kehilangan data yang mungkin sudah dikumpulkan sejak lama. Maka, kami akan memberikan cara menyadap android berupa cara pintar untuk membackup data yang ada di perangkat Android-mu.

Mencadangkan Pengaturan di Google Drive

Android sebenarnya menawarkan banyak cara bagi pengguna untuk mencadangkan data miliknya. Salah satunya adalah pengaturan yang sudah ada di perangkat, sehingga Anda tidak perlu repot mengatur banyak hal. Untuk melakukan, cukup dengan membuka menu ‘Settings’ >¬† pilih ‘System’ dan ‘Backup’ > selanjutnya, anda dapat memilih ‘Back up to Google Drive’.

Backup Foto di Google Photos

Sedangkan untuk melakukan pencadangan foto, aplikasi yang dapat digunakan adalah Google Photos. Cara untuk melakukan backup di aplikasi ini bisa dipastikan sangatlah mulus dan mudah. Anda bisa mengaktifkan fitur backup dengan membuka aplikasi Google Photos > ¬†pilih Settings dan nyalakan opsi ‘Back up & Sync’. Tidak hanya untuk mencadangkan data, Anda juga dapat memilih kualitas foto yang ingin disimpan. Setelah selesai melakukan pencadangan, Anda dapat menghapus foto atau gambar yang sudah dicadangkan melalui opsi ‘Free up space’.

Backup Kontak Lewat Google Contacts

Untuk mencadangkan kontak yang ada di perangkat, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi Google Contatcs. Melalui aplikasi ini, Anda dapat mudah menyalin kontak yang ada di perangkat akun Google mu. Caranya, buka menu ‘Settings’ > ‘Import’ dan pilih sumber kontak yang ingin disalin > pilih akun Google yang ingin dipakai untuk menyimpan daftar kontak tersebut. Selain melakukan pencadangan online, Anda juga bisa melakukannya secara offline. Jadi, Anda tinggal memilih opsi Export, kemudian pilih akun Google yang ingin dipakai, dan terakhir pilih Export to .vcf file.

Cara Backup SMS di Android

SMS mungkin sudah jarang digunakan, tapi ternyata masih ada orang yang memakainya dengan berbagai alasan. Untuk itu, pengguna Android tetap bisa mencadangkan SMS yang ada di perangkatnya. Namun untuk melakukannya, Anda bisa memanfaatkan aplikasi bantuann, salah satu yang dapat dipakai adalah aplikasi SMS Backup & Restore. Cukup degan mengikuti langkah-langkah yang disediakan aplikasi untuk melakukan backup.

Mencadangkan Musik, Dokumen, dan File Lain

Selain data-data tersebut, Anda juga bisa mencadangkan beragam informasi penting lain yang ada di perangkat, misalnya musik juga dokumen. Namun untuk melakukannya, Anda perlu menggunakan aplikasi seperti Google Drive. Sedangkan, untuk kebutuhan berupa dokumen atau catatan, Anda dapat menggunakan Google Keep agar dapat menyimpannya di cloud. Beberapa aplikasi chatting, seperti WhatsApp, juga menyediakan opsi pencadangan di Google Drive dan dapat Anda manfaatkan.

Mencadangkan data menggunakan aplikasi lain

– Titanium Backup

Jika perangkat Android Anda sudah diroot, maka tidak akan ada pilihan lain selain menggunakan Titanium Backup. Aplikasi ini dapat disebut sebagai backup terbaik di Android saat ini yang dapat membackup hampir semua hal yang ada di perangkat Android. Menriknya, kita dapat menjadwalkan proses backup dengan aplikasi ini. Artinya, aplikasi ini bisa melakukan proses backup secara otomatis sesuai dengan waktu yang telah kita tentukan. Fitur ini sangat berfungsi jika kita malas melakukan backup secara manual. Selama proses backup tersebut kita juga tetap dapat menggunakan perangkat Android untuk bermain game atau menjalankan aplikasi yang lainnya.

– Super Backup dan Restore

Aplikasi ini juga menawarkan layanan untuk melakukan backup data pada Android Anda. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi – aplikasi yang ditawarkan tadi, Super Backup dan Restore juga memiliki segudang fitur untuk melakukan backup data dengan mudah dan ringkas.

– Backup dan Restore

Tidak mau kalah dengan yang lain, Aplikasi Backup dan Restore yang menyediakan berbagai fitur Backup aplikasi yang ada pada Android Anda. Bukan hanya itu saja, bahkan Aplikasi Backup dan Restore ini juga bisa melakukan backup untuk setiap data-data Android Anda.

– Apex Apps

Kini aplikasi bentukan Apex Apps menawarkan layanan backup yang bisa dibilang mudah. Dalam aplikasinya, Aplikasi Backup Restore ini mampu melakukan backup di setiap aplikasi Android milik Anda.

– My Backup

Aplikasi yang sudah diunduh ribuan kali ini menyediakan banyak kemudahan untuk melakukan backup data yang ada di Android Anda. Tidak hanya itu saja, bahkan My Backup juga bisa melakukan backup secara lokal maupun secara online dengan memanfaatkan cloud storage.

– Backup Your Mobile

Fitur kemudahan melakukan backup data dan aplikasi juga ditawarkan oleh aplikasi Backup Your Mobile ini. Aplikasi istimewa ini mempunyai segudang fitur yang sangat mudah untuk digunakan oleh pengguna Backup Your Mobile.

Nah, ada banyak variasi cara menyadap android kan? yang mana salah satu caranya back up data ini. Semoga bermanfaat!