Home » Uncategorized » Bolehkan Nasi Tim Bayi Disimpan di Kulkas, Ini Dia Penjelasanya

Bolehkan Nasi Tim Bayi Disimpan di Kulkas, Ini Dia Penjelasanya

Ketika bayi sudah memasuki masa MPASI, menyiapkan makan dan menyuapinya untuk pertama kali merupakan saat-saat yang sangat menyenangkan. Saat usia bayi sudah lebih dari 6 bulan, pencernaan bayi sudah siap untuk menerima makanan lain selain ASI. Setelah memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama usia bayi kemudian Ibu dapat memberikan MPASI pada bayi. Adapun makanan pendamping ASI yang biasanya diberikan pada bayi adalah bubur nasi tim. Bubur tersebut bisa dicampur dengan daging, sayuran, ikan dan sumber nutrisi lainya. Dalam proses pembuatan bubur nasi tim ini memerlukan waktu yang cukup lama jadi untuk mengakalinya dengan membuat bubur porsi banyak dalam sekali buat. Sisa bubur yang lebih bisa ditaruh di dalam kulkas dan diberikan lagi pada bayi ketika Ia lapar. Pertanyaanya sekarang adalah apakah boleh bubur tim bayi ditaruh di didalam kulkas?

Porsi makan bayi pada saat MPASI belum terlalu banyak apalagi di awal pemberian. ASI tetap menjadi makanan utama bayi. Membuat nasi tim untuk bayi juga jangan langsung banyak. Buatlah untuk 2 samai 3 kali porsi makan bayi saja. Kemudian sisanya disimpan di kulkas. Nasi tim bayi boleh disimpan di dalam kulkas namun hanya boleh sampai 48 jam atau 2 hari saja. Jika lewat dari situ nasi tim tidak boleh lagi diberikan pada bayi, salah-salah bayi bisa keracunan. Berikut ini cara penyimpanan nasi tim nasi di dalam kulkas yang benar.

  • Simpan persatu porsi

Sebaiknya nasi tim disimpan dalam wadah yang menampung porsi satu kali makan bayi. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko kontaminasi.

 

  • Beri label

Pililah bahan yang aman untuk menampung nasi tim bayi dan berilah label berupa tanggal pembuatan dan penyimpanan serta bahannya. Ini bertujuan agar lebih mudah membedakan bubur lama atau baru.

 

  • Menghangatkan ketika keluar dari kulkas

Hangatkan nasi tim bayi dalam suhu yang rendah agar nutrisinya tidak hilang.

 

  • Jangan simpan dalam freezer

Pastikan Ibu tidak menyimpan nasi tim di dalam freezer. Jika nasi tim beku maka nutrisinya akan hilang.