Home » Uncategorized » Bolehkah Ibu Hamil Mewarnai Rambut

Bolehkah Ibu Hamil Mewarnai Rambut

Anda ingin tampil trendi dalam keadaan hami, tapi Anda juga belum tau bolehkah ibu hamil mewarnai rambut? Namun, ada hal yang perlu Anda ketahui sekecil apapun bahanĀ  kimia yang terkandung dalam produk yang digunakan ibu hamil misalnya produk pewarna rambut. Maka zat kimia tersebut akan terserap oleh pori-pori kulit ibu hamil loooh, meskipun jumlahnya hanya sedikit.

Kegiatan mewarnai rambut saat hamil ternyata juga menimbulkan mitos bahwa bisa mengganggu tumbuh kembang janin yang masih ada di dalam kandungan ibu. Adapun mitos lain yaitu bahwa mewarnai rambut bisa membuat janin mengalami kelainan bawaan saat dilahirkan, kira-kira benar tidak?

Meskipun terdapat fakta yang mengatakan jika zat kimia yang terkandung dalam pewarna rambut memanglah bisa terserap oleh tubuh, akan tetapi dengan jumlah yang sedikit ada juga penelitian yang mengatakan jika pewarna rambut tidaklah berbaya untuk tumbuh kembang janin selama masa kehamilan. Hal ini berarti, ibu masih bisa mewarnai rambutnya saat masa kehamilan berlangsung.

Dibawah ini akan diulas juga syarat sebelum mewarnai rambut, nah tentunya pertanyaan Anda bolehkah ibu hamil mewarnai rambut terjawab bukan?

  • Tunggulah saat memasuki periode kehamilan trimester kedua.

Hal diatas tentunya disararnkan oleh dokter kepada ibu hamil untuk tidak melakukan perwarnaan sampai pada usia kehamil memasuki tiga bulan keatas. Sebab pada usia kehamilan diatas tiga bulan pertama, tubuh ibu hamil beradapatasi dengan jumlah perubahan hormon yang tidak sedikit. Penggunaan bahan kimia saat terjadi perubahan hormon bisa menimbulkan alergi.

  • Jika melakukan pewarnaan rambut, carilah tempat yang memiliki sirkulasi udara.

Penggunaan ruang dengan sirkulasi udara yang cukup ternyata membantu ibu hamil agar tidak menghirup aroma yang menyengat dari zat pewarna.

  • Pilihlah produk pewarna yang kandungannya aman.
  • Dan yang paling penting adalah lakukan tes alergi dengan cara teteskan cairan peawrna ke permukaan kulit. Tunggu beberapa saat bila mengalami reaksi jangan dilanjutkan.

Demikian ulasan diatas tentang bolehkah ibu hamil mewarnai rambut.