Home » Kesehatan » Bolehkah Bayi 1 Bulan Tidur Miring? Begini Lebih Amannya

Bolehkah Bayi 1 Bulan Tidur Miring? Begini Lebih Amannya

 

Pernahkah Anda bertanya, bolehkah bayi 1 bulan tidur miring? Usia 1 bulan merupakan masa sensitif bayi. Di mana orang tua harus ekstra ketat memerhatikan bayi. Termasuk mengenai gerakan dan posisi tidur bayi yang baik.

Kenapa demikian? Sebab di usia bayi yang beranjak 1 bulan. Tubuh atau ototnya masih belum sempurna melakukan pergerakan sendiri. Itu sebabnya penting memastikan ia berada di posisi aman. Terutama saat sedang tertidur.

Pasalnya, waktu tidur bayi cenderung lama. Sehingga bisa berbahaya jika terus di posisi yang sama dalam waktu lama. Sementara ia belum sepenuhnya bisa bergerak sendiri. Kecuali jika dalam posisi tidur terlentang.

Lantas, apakah boleh bayi 1 bulan tidur miring? Sebenarnya, posisi miring tidak begitu masalah bagi bayi. Tapi itu jika bayi dalam keadaan terbangun. Pada beberapa waktu, posisi ini bahkan dianjurkan. Namun beda lagi jika bayi sedang tertidur.

Menempatkan bayi pada posisi miring saat tidur dapat berisiko. Sebab bayi tidur miring cenderung berujung tengkurap. Sehingga bayi berisiko mengalami sulit napas. Yang bisa berakibat pada penyakit pernapasan. Bahkan hingga kematian mendadak.

Kalau begitu, bolehkah bayi 1 bulan tidur miring? Sangat dianjurkan untuk Anda tidak membiarkannya. Demi menghindari kemungkinan buruk yang bisa terjadi.