Home » Pendidikan » 5 Bahasa Inggris Dasar Wajib Dipahami Bagi Pemula

5 Bahasa Inggris Dasar Wajib Dipahami Bagi Pemula

Belajar bahasa asing mungkin cukup menyulitkan bagi sebagian orang hingga mereka harus membayar mahal untuk mengikuti kelas bahasa. Padahal, sebenarnya Anda juga bisa mempelajari hal-hal dasar secara mandiri. Setelah itu, bisa mengikuti kelas lanjutan untuk mempelajari lebih dalam tentang bahasa Inggris. Saat ini banyak aplikasi atau platform gratis di internet yang akan membantu Anda belajar bahasa Inggris.

Segala sesuatu memang harus dimulai dari dasar atau dari bawah terlebih dahulu, begitu pula dengan belajar bahasa Inggris. Tidak mungkin seseorang langsung bisa berbahasa Inggris dengan lancar dan tepat hanya dengan mempelajari beberapa kosakata. Kunci utama dalam mempelajari bahasa asing adalah berlatih dan mengulang.

Latihan Bahasa Inggris Dasar Bagi Pemula

Jika sudah menguasai bahasa Inggris dasar, maka akan lebih mudah memahami ataupun membuat kalimat yang lebih kompleks. Hal mendasar dalam mempelajari bahasa Inggris adalah kosakata, penulisan dan pengucapan. Jika sudah menguasai ketiga hal tersebut, maka akan lebih mudah merangkai sebuah kalimat hingga membuat paragraf panjang.

Mula-mula, Anda tidak perlu langsung latihan menyusun kalimat dalam bahasa Inggris. Lebih baik kumpulkan dulu kosakata bahasa Inggris sebanyak-banyaknya dan cari tahu bagaimana cara penulisan dan pengucapannya. Untuk melakukan hal ini Anda bisa gunakan kamus bahasa Inggris atau berbagai macam aplikasi di smartphone Anda. Setelah itu, cobalah untuk menghafal lebih banyak kata tentang banyak hal.

Dengan menghafal lebih banyak kosakata bahasa Inggris, Anda bisa lebih cepat mahir berbahasa Inggris. Hal ini juga sangat membantu dalam proses belajar secara mandiri di rumah maupun di tempat les/kursus. Pemilihan katanya juga bisa dari benda-benda di sekitar Anda atau kata yang sering digunakan dalam percakapan.

Agar lebih mudah dalam proses menghafal kosakata, Anda juga bisa menyusun jadwal dan menentukan target hafalan. Selain itu, bisa juga melakukan latihan dasar ini bersama dengan teman agar lebih seru dan semangat dalam menghafal.

5 Teknik Dasar Belajar Bahasa Inggris

Selanjutnya, ada 5 teknik wajib yang harus dilakukan dalam praktik belajar bahasa Inggris, antara lain:

  1. Belajar Bentuk Kata (Tenses)

Setelah banyak kosakata yang dikuasai dengan cara hafalan atau cara lainnya, Anda bisa melanjutkan materi tentang bentuk kata alias tenses. Tenses merupakan hal dasar yang wajib dikuasai untuk bisa berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris. Tenses merupakan rumus kalimat dalam bahasa Inggris yang menunjukkan waktu masa lalu, rencana masa lalu, masa kini hingga masa depan.

  1. Latihan Mendengarkan (Listening)

Selanjutnya, cobalah untuk sering-sering mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris. Hal ini sangat membantu Anda agar lebih terbiasa dengan pengucapan bahasa Inggris dan lebih mudah dalam memahami inti pembicaraan. Untuk pemula, sebelum mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris, sebaiknya dengarkan dulu kosakata-kosakata yang sering digunakan.

  1. Latihan Membaca (Reading)

Jika mendengarkan percakapan dapat membantu Anda mengerti pengucapan katanya, maka membaca dapat membantu memahami penulisannya. Membaca juga dapat membantu Anda lebih memahami struktur kata yang benar dalam bahasa Inggris. Membaca kalimat bahasa Inggris bisa dari mana saja, bahkan dari hal-hal yang menyenangkan dalam kehidupan sehari-hari.

Ada banyak sekali cara unik dan menyenangkan yang bisa Anda lakukan untuk bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Misalnya menonton film dengan teks, karaoke lagu bahasa Inggris, membaca buku cerita anak, membaca novel bahasa Inggris dan lain sebagainya.

  1. Latihan Menulis (Writing)

Nah, setelah belajar banyak dari kegiatan mendengarkan dan membaca kalimat bahasa Inggris, saatnya mencoba menulis alias writing. Latihan ini akan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda. Latihan ini juga sebagai evaluasi terhadap seberapa banyak yang telah Anda pelajari dari hafalan kosakata, mendengarkan dan membaca. Dengan menulis, Anda juga bisa lebih dalam belajar tentang struktur kalimat yang tepat.

  1. Latihan Berbicara (Speaking)

Untuk teknik belajar bahasa Inggris yang terakhir adalah latihan berbicara alias speaking untuk melatih kemampuan komunikasi Anda. Untuk bisa berbicara dengan baik dalam bahasa Inggris, Anda harus memahami bagaimana cara pengucapan katanya terlebih dahulu. Jadi, pastikan Anda sudah melalui latihan mendengarkan atau listening agar lebih mudah mempraktekkan latihan speaking.

Belajar bahasa Inggris dasar secara mandiri memang bisa dilakukan oleh siapa saja yang mau berusaha. Namun, Anda juga bisa berkunjung ke kampung inggris pare untuk meningkatkan kemampuan hingga bisa lancar berkomunikasi dengan orang asing. Selain itu, di sana Anda juga akan menemukan lebih banyak teman untuk membangun jaringan komunikasi yang lebih luas. Semoga informasinya bermanfaat.