Home » Bisnis » Badan Usaha Milik Desa yang Akan Selalu Menghasilkan Keuntungan.

Badan Usaha Milik Desa yang Akan Selalu Menghasilkan Keuntungan.

Membuat sebuah desa menjadi sejahtera bisa dicapai tanpa mengandalkan bantuan pemerintah. Ide ini sejalan dengan pemikiran bahwa sebuah daerah dapat memenuhi kebutuhan mereka sendiri dengan membuat sejumlah usaha dan perusahaan yang dapat mendukung keuangan desa dan menyejahterakan rakyat desa secara mandiri.

Bentuk usaha ini sangat beragam sesuai dengan kondisi sebuah desa. Keberhasilan pengelolaan dapat dilihat dari beberapa desa yang sudah berhasil membuat bisnis atau perusahaan yang menjadi sumber dana desa. Kemampuan berbisnis yang baik telah membuat kegiatan usaha tersebut mampu menembus pasar internasional dan menyerap banyak lapangan pekerjaan.

Badan usaha milik desa atau disingkat dengan Bumdes sebenarnya bukanlah ide yang baru. Pada tahun 2014 aturan perundang-undangan yang mendukung pemikiran ini dikeluarkan. Desa dianjurkan untuk memiliki badan usaha sendiri dengan tujuan untuk menyejahterakan desa tersebut. Bentuk usaha ini memiliki badan hukum dan dapat dibuat dalam bentuk usaha bersama dimana masing-masing pihak dapat menyertakan modal mereka dan mendapatkan keuntungan dari usaha tersebut.

Beberapa desa bahkan mampu menyediakan uang yang cukup banyak untuk menghasilkan sebuah daerah wisata menarik dengan memanfaatkan kekayaan alam mereka. Keuntungan yang bisa didapatkan desa dan orang-orang yang terlibat dalam usaha tersebut jelas sangat besar. Keterlibatan desa harus melebihi 50% modal sehingga badan usaha tersebut secara legal akan menjadi milik desa.

Instalasi Depot Air Minum Sebagai Salah Satu Bisnis Terbaik

Banyak pebisnis mengetahui bahwa bisnis terbaik adalah sebuah bisnis yang menawarkan produk dalam bentuk kebutuhan dasar manusia. Produk seperti ini tidak akan pernah mengalami penurunan penjualan tanpa adanya permasalahan pesaing atau faktor manajemen yang buruk. Bisnis air minum termasuk ke dalam bisnis yang berhubungan langsung dengan kebutuhan hidup manusia. Oleh karena itu sangatlah tepat jika bisnis ini digunakan sebagai salah satu badan usaha terbaik untuk sebuah desa.

Bisnis air minum merupakan bisnis yang bisa disesuaikan skalanya dengan modal. Seseorang bisa mengelola bisnis air minum dengan membeli air minum dari luar daerah dan menjualnya di desa mereka melalui sebuah depot air minum sederhana. Bentuk depot air minum yang disediakan bisa cocok untuk 2 galon saja atau lebih sesuai dengan kemampuan pemasaran dan ketersediaan calon pembeli air minum tersebut.

Skema lain yang bisa diikuti adalah mengelola sumber air minum sendiri dan menyebarkannya ke seluruh daerah. Skema ini memungkinkan desa untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan karena pada masa kini air sudah menjadi komoditi yang dibutuhkan masyarakat luas. Jangkauan bisnis ini jelas sangat luas. Sebuah desa yang memiliki modal memadai mampu menyediakan air minum sampai ke perkotaan dimana air biasanya tidak bersih dan tidak layak minum. Air harus diuji terlebih dahulu untuk mengetahui mutunya kemudian desa bisa mulai mempertimbangkan beberapa contoh Rangkaian Skema Installasi Depot Air Minum yang tersedia untuk disesuaikan dengan kemampuan mereka.

Air bisa dipasarkan dengan banyak cara. Peluang pengembangan bisnis ini juga sangat luas selama desa tetap mempertimbangkan persaingan dan cara untuk tetap memiliki keunggulan dalam kemampuan pemasaran dan penyediaan air minum untuk berbagai wilayah di sekitar desa. Tidak tertutup kemungkinan jika desa akan dapat membuat sebuah perusahaan air minum besar hanya dengan memiliki modal rendah pada awalnya.

Bisnis air minum masih merupakan bisnis yang memiliki kesempatan berkembang begitu besar. Banyak daerah di dunia ini yang tidak bisa mendapatkan air bersih dengan mudah. Air bersih terkadang bisa mereka dapatkan dengan harga yang terlalu mahal sehingga memiliki peluang untuk menyediakan air bersih dengan biaya lebih murah akan menjadi peluang bisnis yang baik. Keuntungan bisnis ini juga dapat dinikmati pada saat-saat orang mulai kekurangan air bersih. Situasi ini menyediakan kemungkinan untuk peningkatan penjualan secara pesat.

Cara Membuat Badan Usaha Milik Desa dengan Baik

Jika produk yang ingin dipasarkan sudah jelas maka pembentukan badan usaha akan menjadi jauh lebih mudah. Desa dapat membuat perencanaan yang matang mengenai bentuk bisnis yang akan mereka buat dan cakupan dari bisnis tersebut. Ketersediaan modal yang dimiliki desa akan menjadi penentu karena desa harus selalu memiliki modal sebanyak 51% pada badan usaha tersebut. Pengulangan dana untuk menghasilkan modal besar tentu saja dimungkinkan selama desa melakukannya dengan cara yang legal.

Ukuran dari bisnis dapat ditentukan di dalam perencanaan. Desa dapat mencari tahu  mengenai calon pembeli produk mereka dan sumber dari air yang akan mereka pasarkan. Biaya pengangkutan air akan dihitung untuk mengetahui jumlah uang dibutuhkan untuk menyediakan air di desa. Tempat penyimpanan air juga dipertimbangkan karena akan dibutuhkan untuk menyimpan air yang didatangkan.

Semua jenis pembiayaan dari pengadaan produk, pembuatan fasilitas dan pemasaran produk akan dihitung dengan teliti dan seksama kemudian rencana pengembangan depot mulai dibuat sebagai tujuan jangka panjang yang akan diikuti semua manajemen dari perusahaan ini. Metode yang sama juga dapat digunakan untuk berbagai jenis bisnis lain yang dapat dibuat dan dikelola di dalam desa. Bisnis depot air minum yang direncanakan dengan baik akan dapat berkembang dengan cepat dan mudah terutama untuk berbagai daerah yang memang sering kesulitan air bersih.