Home » Islam » Mengambil Hikmah dari Ayat Al Quran Tentang Hujan dan Banjir

Mengambil Hikmah dari Ayat Al Quran Tentang Hujan dan Banjir

 

Hujan merupakan salah satu anugerah yang diturunkan oleh Allah dari langit. Dalam sebuah riwayat dijelaskan jika Rasulullah dan para sahabat menyambut hujan dengan penuh suka cita.

Bahkan waktu turunya hujan menjadi salah satu waktu dimana doa yang dipanjatkan akan dikabulkan oleh Allah. Namun ada kalanya hujan yang turun justru menyebabkan banjir.

Adanya banjir menandakan jika manusia harus lebih banyak memahami alam. Terdapat ayat Al Quran tentang hujan dan banjir yang bisa kita ambil hikmahnya.

Mengintip Ayat dan Hikmah Diturunkannya Hujan

Sebelum membahas mengenai hikmah karena terjadinya banjir maka kita perlu memahami tentang hikmah diturunkannya hujan oleh Allah SWT ke bumi.

Salah satu hikmah diturunkannya hujan yaitu sebagai wujud nyata dari rahmat Allah  kepada para makhluknya. Hal ini sebagaimana firman yang bercantum dalam surat As Syuura ayat 28.

Ayat tersebut memiliki arti “ Dan Dialah yang menurunkan hujan setelah mereka berputus asa dan menyebarkan rahmatnya-Nya. Dan Dialah yang Maha Pelindung dan Maha Terpuji”.

Selain itu, hujan yang diturunkan juga sebagai bentuk Rezeki yang diberikan kepada seluruh makhluk. Hal ini bisa dilihat bagaimana gersangnya bumi ketika tidak ada hujan.

Hikmah dari hujan ini tercantum dalam Surat Adz Dzariyat ayat 22. Arti dari ayat ini yaitu “ Dan langit terdapat rezekimu dan ada pula yang dijanjikan kepadamu.

Adapun yang dimaksud rezeki dalam ayat tersebut adalah hujan. Karena diturunkannya hujan menjadi salah satu sebab dikeluarkan berbagai rizki seperti kebutuhan dan makanan.

Hujan juga menjadi salah satu pertolongan Allah kepada hambarnya. Ayat Al Quran tentang hujan dan banjir terdapat pada surat Al-Anfal ayat 11.

Tak hanya itu, hujan yang diturunkan ke bumi juga bertujuan untuk menghilangkan gangguan gangguan syetan dan menjadi permisalan kekuasaan Allah untuk menghidupkan manusia kembali di hari kiamat.

Adapun hikmah diturunkannya hujan tersebut tercantum dalam surat An Nahl ayat 65 dan Al A’raf ayat 57. Dalam ayat ini disebutkan jika hujan tersebut dalam menghidupkan tumbuhan yang mati di bumi.

Ayat Al Quran dan Sebab Terjadinya Banjir

Banjir merupakan salah satu bencana alam yang terjadi di Indonesia. Adapun wilayah yang sering mengalami banjir adalah daerah ibu kota dan sekitarnya.

Adanya banjir membuat manusia harus lebih banyak belajar mengenai alam yang memang sulit diprediksi. Jika dilihat dari proses terjadinya banjir di alam, penyebabnya adalah pembuangan sampah secara sembarangan.

Oleh karena itu, perbuatan yang tidak tepat ini harus segera dihentikan dan para pemerintah serta masyarakat sudah sepatutnya mencari solusi untuk mengatasi bencana tersebut.

Terdapat banyak ayat Al Quran tentang hujan dan banjir yang terjadi pada umat terdahulu. Adapun penyebab dari banjir bukan hanya karena faktor lingkungan saja melainkan juga karena ulah manusia.

Hal ini bercantum dalam Surah Hud ayat 101 yang menjadi salah satu peringatan bagi manusia agar senantiasa bersyukur. Sedangkan wujud dari syukur ini tidak hanya diwujudkan dalam bentuk kata kata melainkan juga tindakan.

Beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya banjir diantaranya melakukan reboisasi. Selain itu perlu memperbanyak resapan air serta membuang sampah pada tempatnya.

Selain itu, Allah juga berfirman dalam surat Al A’raf ayat 56. Ayat ini menjelaskan jika yang menyebabkan kerusakan di muka bumi adalah karena perbuatan manusia.

Allah pun melarang manusia menyebabkan kerusakan setelah bumi tersebut diperbaiki. Ayat Al Quran tentang hujan dan banjir juga menerangkan jika rahmat Allah sangat dekat dengan orang orang yang berbuat baik.

Dengan demikian, bencana seperti banjir sebenarnya dapat diantisipasi dengan upaya manusia untuk menjaga alam. Selain itu, Allah juga berjanji akan memperbaiki alam jika manusia memiliki upaya untuk memperbaikinya.

Itulah beberapa ayat yang menjelaskan tentang hujan dan banjir yang sering kita temui. Sebenarnya, hujan yang diturunkan merupakan suatu rahmat dan anugerah yang harus disyukuri.

Adapun adanya banjir menjadi salah satu peringatan jika manusia telah melakukan kerusakan. Oleh karena itu, sudah sepatutnya sebagai penduduk bumi kita harus menjaga alam.

Kita juga perlu mendekatkan diri kepada Allah agar saat banjir datang kita mampu mengantisipasinya. Ingin mendpatkan informasi menarik lainnya, anda bisa kunjungi https://tabbayun.com/.