Home » Pengetahuan » Aplikasi Edit Video PC Gratis Terbaik

Aplikasi Edit Video PC Gratis Terbaik

Perkembangan pesat dalam bidang teknologi membuat video yang merupakan produk dari perkembangan tersebut pun semakin marak. Pembuatan video tak melulu selalu ada kaitannya dengan pembuatan film, serial televisi, maupun video klip musik, tetapi penggunaan video kini semakin luas dengan semakin maraknya sosial media yang menawarkan fitur unggah video.

Dengan kata lain, video pada masa kini tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari masyarakat. Untuk menghasilkan video yang baik dan berkualitas, tidak cukup hanya dengan merekam video saja, tetapi juga dibutuhkan langkah lanjutan untuk menambahkan maupun membuang bagian yang tidak dibutuhkan dari suatu video. Langkah ini dinamakan proses editing.

Rekomendasi Aplikasi Edit Video PC

pixabay.com

Proses editing video membutuhkan bantuan aplikasi editing yang tentunya harus disesuaikan tergantung dari media edit yang dipakai. Maksudnya, apabila Anda akan mengedit video menggunakan PC maka Anda harus memilih aplikasi edit video yang kompatibel atau cocok untuk digunakan di PC. Berikut ini beberapa aplikasi edit video PC gratis terbaik.

  1. DaVinci Resolve

DaVinci Resolve merupakan aplikasi edit video untuk PC yang gratis dengan banyak kelebihan yang ditawarkan. Color grading adalah salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh aplikasi ini. Fitur in-depth color grading yang ditawarkan oleh aplikasi ini juga sangat impresif danberbeda dengan aplikasi edit video lain yang dirancang untuk para profesional.

Dengan DaVinci Resolve, Anda dapat memotong audio maupun video. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan animasi baik 2D maupun 3D dalam aplikasi in-depth grading. Fitur-fitur yang kaya dengan interface pada aplikasi edit video yang satu ini juga dapat membuat penggunanya jatuh cinta.

Sayangnya, tutorial yang disediakan aplikasi ini tidak gratis. Namun, Anda masih dapat menyiasatinya dengan cara mencari tutorial di Youtube.

  1. Wondershare Filmora

Wondershare Filmora adalah aplikasi yang dapat digunakan baik oleh pemula maupun profesional. Hal ini menjadi mungkin karena aplikasi edit video yang satu ini dilengkapi dengan fitur pengatur level.

Misalnya jika Anda masih pemula, maka Anda dapat mengaktifkan fitur Easy Mode agar dapat melakukan proses edit video dengan nyaman. Sebaliknya, para profesional juga dapat mengatur aplikasi ini ke mode advanced.

Selain fleksibilitasnya yang dapat digunakan oleh semua kalangan, aplikasi ini juga dibekali dengan efek yang mudah untuk diimplementasikan. Video yang telah diedit dengan aplikasi ini dapat langsung diupload ke Facebook dan Youtube. Namun, Anda harus membayar apabila Anda ingin menyimpan hasil editan ke dalam PC.

  1. VirtualDub

Bagi Anda pengguna sistem operasi Windows, VirtualDub adalah aplikasi edit video yang tepat. Kelebihan aplikasi edit video yang satu ini selain sifatnya yang gratis, aplikasi ini juga sederhana sehingga akan memudahkan proses pengeditan video.

VirtualDub juga dilengkapi dengan fitur untuk menghapus maupun mengganti audio pada video yang diinginkan. Selain itu, aplikasi edit video ini juga dibekali dengan fitur khusus yang dapat digunakan untuk merekam video langsung melalui komputer atau PC.

  1. Avidemux Video Editor

Aplikasi edit video yang bersifat open source atau gratis di antaranya adalah Avidemux Video Editor. Sifatnya yang open source membuat aplikasi edit video yang satu ini dapat digunakan oleh siapa saja.

Avidemux Video Editor dibekali dengan fitur-fitur yang sederhana seperti memotong, membuat slow motion dan menyematkan filter. Fitur-fiturnya yang sederhana membuat aplikasi ini sangat cocok untuk pemula yang masih belajar mengedit video.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat membantu Anda yang ingin belajar tentang pengkodean video. Avidemux Video Editor juga menawarkan fitur yang menjadi keunggulannya yaitu layanan free download.

  1. VideoPad Video Editor

VideoPad Video Editor adalah salah satu aplikasi edit video PC gratis terbaikyang dapat digunakan pada sistem operasi Windows. Selain mendukung dan cocok dijalankan pada PC atau komputer dengan OS Windows, aplikasi edit video yang satu ini juga tersedia dalam versi android.

Tools atau fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah fitur cutting video dan fitur drag and drop. Kelebihan aplikasi edit video ini adalah saat mengedit video Anda dapat menambahkan efek serta transisi yang unik sehingga video yang dihasilkan menjadi lebih menarik.

  1. HitFilm Express

pixabay.com

HitFilm Express adalah salah satu aplikasi edit video yang dapat Anda gunakan tanpa perlu membayar alias gratis. Aplikasi ini dapat digunakan pada PC yang menggunakan sistem operasi Windows maupun MacOS. Video hasil editan aplikasi ini cukup berkualitas sehingga Aplikasi ini dapat dijadikan pilihan untuk mengedit video.

Informasi tentang aplikasi edit video yang dapat digunakan di PC dapat diakses di ukdpc yang merupakan situs penyedia informasi. Situs ukdpc menyediakan berbagai informasi terkait teknologi seperti tutorial, rekomendasi aplikasi dan sebagainya.