Home » Automotif » Cara Memilih Air Radiator yang Bagus Untuk Motor

Cara Memilih Air Radiator yang Bagus Untuk Motor

Adanya suhu panas yang dihasilkan oleh mesih motor merupakan sebuah hal yang wajar, mengingat itu menandakan kalau mesin bekerja dengan baik. Panas sendiri muncul karena adanya proses pembakaran pada mesin motor. Sebelumnya mesin montor belum ada sistem pendingin cairan, sehingga lebih mengandalkan angin ketika motor sedang berjalan. Jadi hembusan mengandalkan hembusan angin ini merupakan cara lama yang digunakan untuk mengurangi suhu panas pada mesin.

Kalau anda perhatikan motor keluaran lama pasti mengandalkan teknik aero dengan mengalirkan angin masuk ke mesin. Memang teknik ini efektif membantu meredakan panas pada mesin. Teknik ini sebenarnya masih digunakan untuk beberap amotor sport pada ajang balap. Hal ini bertujuan untuk menambah performa motor ketika balapan.

Tentunya perkembangan teknologi sudah semakin canggih dan terus berkembang guna memberikan ketahanan pada mesin motor. Jadi tidak hanya mengandalkan teknik hembusan angin saja, mengingat motor mmebutuhkan tenaga ekstra agar bisa akselerasi dalam jarak jauh. Kali ini sudah ada motor dengan pendingan radiator yang menambahkan cairan air untuk meredam panas pada mesin motor.

Di tahun 2020 ini sudah banyak motor yang menggunakan pendingin radiator untuk meredam panas. Mesin motor yang dibekali pendingan ini tidak hanya untuk motor sport saja, selain itu motor yang sudah dibekali 150 cc pasti sudah ada sistem pendinginnya. Namun saat ini sudah banyak sekali produk pendingan radiator untuk motor. Sehingga anda perlu teliti untuk memilih air radiator yang cocok untuk motor anda.

Fungsi Air Radiator Untuk Mesin Motor

Air radiator pada mesin motor ini memiliki fungsi sebagai peredam panas pada mesin motor. Air radiator ini merupakan air yang terbuat cairan khusus yang bekerja ketika mesin dalam kondisi panas. Cairan ini akan berhalan menuju mesin dengan selang secara otomatis, sehingga panas pada mesin bisa terserap.

Jadi siklus kerja cairan radiator ini akan bekerja dari radiator menuju mesin dan kembali lagi ke radiator. Tentu hal inilah yang membuat mesin motor anda tetap terjaga kondisi suhunya. Tentunya dengan sistem pendingin yang bagus bisa membuat performa motor anda tetap dalam kondisi prima dan tahan lama.

Tentu anda tidak bisa bayangkan ketika sistem pendingan motor anda tidak bisa bekerja dengan maksimal karena cairan radiator yang digunakan tidak sesuai. Kalau kondisi ini dibiarkan saja bisa membuat mesin motor anda tidak bisa bertahan lama. Hal ini terjadi karena mesin anda mengalami overheat atau panas yang berlebihan.

Sehingga penting sekali untuk menjaga kondisi air radiator tetap dalam kondisi normal. Agar masalah overheat pada mesin tidak sampai terjadi. Tentunya anda perlu melakukan pengecekan batas minimal dan cairan air radiator pada tabung. Kemudian pastikan sensor panas pada kipas tetap berjalan dengan baik. Tidak kalah pentingnya untuk sekalu menggunakan air radiator yang sudah direkomendasikan oleh pabrik motor anda. Melakukan pergantian air radiator secara berkala di bengkel terpercaya.

Tips Memilih Air Radiator Yang Berkualitas dan Cocok Untuk Motor

Mengingat fungsinya yang sangat penting tentunya anda tidak boleh salah dalam memilih air radiator yang bagus untuk motor. Namun anda tidak perlu khawatir, dimana saat ini akan dijelaskan mengenai beberapa cara untuk memilih air radiator yang bagus untuk motor anda. Penasaran? Silahkan simak penjelasan berikut ini:

  1. Silahkan memilih air radiator yang terdapat kandungan glycol didalamnua. Mengingat kandungan glycol ini berfungsi untuk membantu proses meningkatkan titik didih. Sehinga mampu mengurangi titik beku pada pendingin.
  2. Selain kandungan glycol, pilihlah air radiator yang terdapat kandungan propylene. Kandungan ini memiliki fungsi untuk meningkatkan performa lebih optimal.
  3. Selain itu anda bisa melakukan pengecekan dengan menggunakan alat refraktometer
  4. Tentunya dengan memiliki titik didih yang lebih tinggi, radiator bisa bekerja dalam jangka waktu yang lama dan lebih optimal.
  5. Tentunya jangan memilih produk yang menawarkan harga murah saja, tetapi perhatikan harga dan fungsinya.
  6. Tidak kalah pentingnya anda harus memilih air radiator yang tidak menimbulkan korosi yang mengendap pada saluran pendingin.
  7. Kalau untuk masalah warna memang tidak berpengaruh, mengingat pendingin ini merupakan air murni yang dicampur dengan kandungan glycol.

Bagi anda yang tertarik untuk menjadi seorang mekanik tentu pemilihan air radiator yang bagus ini menjadi sangat penting. Mengingat dengan air radiator yang bagus maka sistem pendingin pada motor bisa bekerja secar optimal. Selain itu bagi anda yang ingin mendalami ilmu mekanik maka tidak ada salahnya untuk ikut kursus mekanik motor. Dimana anda akan mendapatkan ilmu penting dalam dunia otomotif. Sehingga anda pun akan memiliki skill yang handal untuk menjadi seorang mekanik. Terlebih dengan mengikuti kursus anda akan menerima imlu yang terbaru di dunia mekanik motor.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memilih air radiator yang bagus untuk motor. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan tentang dunia mekanik motor yang terbaru. Mengingat perkembangan teknologi mesin motor terus mengalami kemajuan yang signifikan.