Home » Pengetahuan » 5 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Bibir Secara Alami

5 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Bibir Secara Alami

 

Memiliki bekas luka di bibir sangat tidak menyenangkan. Namun, jangan khawatir karena ada cara menghilangkan bekas luka di bibir yang aman dan ampuh. Cukup dengan bahan alami yang murah meriah, bekas luka dapat teratasi.

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Bibir Secara Alami

Sebelum diobati, bersihkan luka di bibir dengan air dan sabun, lalu kompres dengan es batu untuk merangsang aliran darah dan mengurangi pembengkakan. Selanjutnya, olesi bekas luka dengan salah satu dari lima bahan berikut.

  1. Garam: memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. Oleskan larutan garam hangat dengan bantuan bola kapas.
  2. Kunyit: bersifat antiinflamasi dan antiseptik, mengandung curcumin untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. Oleskan campuran bubuk kunyit dan air ke bibir, biarkan kering, lalu bilas air hangat.
  3. Lidah Buaya: bersifat antiinflamasi dan mengandung enzim yang merangsang pengelupasan ringan. Oleskan dengan menggunakan jari.
  4. Minyak Kelapa: melembapkan dan melindungi kulit serta bersifat antiinflamasi dan antibakteri. Gunakan jari atau kapas untuk mengoleskannya ke bekas luka di bibir.
  5. Madu: bersifat antimikroba dan antiinflamasi. Oleskan madu organik dengan bantuan kapas atau jari ke bibir.

Makanan yang Disarankan

Pengobatan bekas luka di bibir harus diimbangi dengan mengonsumsi makanan lunak, seperti bubur, sup krim, smoothie, yogurt, orak-arik telur, dan pasta. Hindari makanan yang pedas, asin, dan asam.