Home » Uncategorized » 4 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Setelah Melahirkan, Anda Wajib Tahu!

4 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Setelah Melahirkan, Anda Wajib Tahu!

Beberapa ibu mengalami gangguan selama proses kehamilan hingga persalinan, salah satunya hipertensi. Hipertensi pasca persalinan lebih dikenal dengan istilah preeklampsia, dengan risiko yang cukup tinggi untuk ibu. Cara menurunkan tekanan darah tinggi setelah melahirkan ini bisa anda lakukan dengan beberapa langkah yang aman dan efektif. Yuk cek di bawah ini!

Cara Menstabilkan Preeklampsia dengan Mudah dan Aman

  1. Menghindari Makanan Pemicu Hipertensi

Salah satu pemicu yang paling besar dari kondisi hipertensi, yaitu asupan makanan. Bila anda ingin terhindar dari preeklampsia, maka harus menghindari sederet makanan tersebut. Beberapa di antaranya kandungan garam yang banyak, daging sapi, babi, atau domba, kulit ayam, makanan atau minuman yang mengandung pemanis buatan, dan lain lain.

Selain menghindari beberapa jenis makanan tersebut, anda juga harus mengkonsumsi obat penurun tekanan darah secara teratur. Pengobatan ini tidak boleh dilewatkan agar tidak ada kenaikan tekanan yang cukup drastic, terutama bila dipicu oleh makanan seperti yang telah disebutkan. Hal ini sangat penting agar kesehatan ibu dan janin tetap terjaga dengan baik.

  1. Mengkonsumsi Makanan Penurun Hipertensi

Selain menghindari makanan penyebab hipertensi, anda juga bisa mengatasi preeklampsia dengan memilih bahan penurun tekanan darah. Ada beberapa pilihan sayuran, seperti bayam, timun, tomat, bawang putih, buncis, kedelai, dan seledri. Untuk sumber karbohidrat bisa memilih roti gandum dan kentang yang aman dikonsumsi tanpa khawatir komplikasi lainnya.

Selain itu, anda juga bisa memilih buah sebagai camilan yang mampu memberi nutrisi lebih tinggi. beberapa di antaranya alpukat, mengkudu, semangka, melon, pisang, blewah, dan lain lain. Pastikan anda memperhatikan bahan bahan tersebut, agar tidak mengganggu proses produksi ASI yang sangat dibutuhkan oleh buah hari anda.

  1. Menggunakan Obat Herbal

Seorang ibu harus menjaga asupan makanan agar proses produksi ASI tidak terganggu, salah satunya menghindari obat obatan kimia. Anda bisa beralih ke obat herbal agar hipertensi bisa segera turun dan terhindar dari risiko komplikasi lainnya. Dengan begitu, tubuh ibu yang baru saja melahirkan jauh lebih sehat karena asupan makanan yang seimbang dan obat obatan yang aman.

  1. Menenangkan Pikiran

Ibu yang kali pertama melahirkan belum memiliki pengalaman persalinan, sehingga sering kali memiliki trauma pasca persalinan. Hal ini diperparah dengan aktivitas merawat bayi, sehingga cara menurunkan tekanan darah tinggi setelah melahirkan ini sangat penting. Anda harus menenangkan pikiran dan hindarkan dari stress agar tidak mengalami hipertensi pasca persalinan.

Gangguan kesehatan sering kali meresahkan ibu hamil, bahkan terjadi hingga persalinan dan proses setelahnya. Kondisi yang rentan dialami, yaitu hipertensi pasca persalinan atau yang kerap disebut preeklampsia. Kondisi ini bisa diatasi dengan menghindari makanan pemicu hipertensi, mengkonsumsi makanan penurun hipertensi, memilih obat herbal, dan hindari stres.